Seri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 20 Membangun Perkembangan Moral dan Kewarganegaraan Mahasiswa1 Anne Colby The Carnegie Foundation for the Advancement of Teaching Saya dan rekan rekan telah mengatakan di tempat lain Colby Beaumont Ehrlich Stephens 2003 Colby Ehrlich Beaumont Corngold 2007 bahwa perguruan tinggi dan universitas seharusnya menjadikan perkembangan moral kewarganegaraan dan politik sebagai tujuan utama pendidikan sarjana Dalam bab ini saya akan memaparkan apa yang saya yakini sebagai dimensi penting perkembangan yang harus didukung pendidikan tinggi jika fungsi moral dan kewarganegaraan ingin mencapai potensinya secara penuh Pemahaman yang jelas tentang dimensi ini sangat penting untuk merumuskan tujuan dan strategi pendidikan moral dan kewarganegaraan di tingkat perguruan tinggi PERKEMBANGAN MORAL DAN KEWARGANEGARAAN SEBELUM KULIAH APA YANG BIASANYA DIBAWA SISWA Siswa yang memasuki ke perguruan tinggi segera setelah lulus SMA dan mereka yang masuk perguruan tinggi agak terlambat membawa banyak sejarah pribadi Mereka telah dipengaruhi oleh budaya tempat mereka dibesarkan berbagai aspek lingkungan keluarga mereka sekolah yang mereka ikuti hubungan dengan teman sebaya partisipasi dalam lembaga agama pekerjaan yang mereka jalani keterlibatan komunitas dan kegiatan lain seperti partisipasi dalam klub atau olahraga Seri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 20 Membangun Perkembangan Moral dan Kewarganegaraan Mahasiswa1 Anne Colby The Carnegie Foundation for the Advancement of Teaching Saya dan rekan rekan telah mengatakan di tempat lain Colby Beaumont Ehrlich Stephens 2003 Colby Ehrlich Beaumont Corngold 2007 bahwa perguruan tinggi dan universitas seharusnya menjadikan perkembangan ...moral kewarganegaraan dan politik sebagai tujuan utama pendidikan sarjana Dalam bab ini saya akan memaparkan apa yang saya yakini sebagai dimensi penting perkembangan yang harus didukung pendidikan tinggi jika fungsi moral dan kewarganegaraan ingin mencapai potensinya secara penuh Pemahaman yang jelas tentang dimensi ini sangat penting untuk merumuskan tujuan dan strategi pendidikan moral dan kewarganegaraan di tingkat perguruan tinggi PERKEMBANGAN MORAL DAN KEWARGANEGARAAN SEBELUM KULIAH APA YANG BIASANYA DIBAWA SISWA Siswa yang memasuki ke perguruan tinggi segera setelah lulus SMA dan mereka yang masuk perguruan tinggi agak terlambat membawa banyak sejarah pribadi Mereka telah dipengaruhi oleh budaya tempat mereka dibesarkan berbagai aspek lingkungan keluarga mereka sekolah yang mereka ikuti hubungan dengan teman sebaya partisipasi dalam lembaga agama pekerjaan yang mereka jalani keterlibatan komunitas dan kegiatan lain seperti partisipasi dalam klub atau olahraga