Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam pemikiran pendidikan Islam, mulai dari konsep idealisme substantif hingga pendekatan aktual dalam pengembangan pendidikan. Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, antara lain: 1. Bagian 1 berfokus pada pentingnya membudayakan hak dan kewajiban, mengembangkan multikulturalisme, kompetisi serta kerja sama, budaya damai, serta program-program sekolah yang memperkuat etika sosial dan perdamaian. Bagian ini membahas bagaimana pendidikan Islam dapat menjadi sarana untuk membangun masyarakat yang beretika, harmonis, dan berkelanjutan. 2. Bagian 2 membahas rekonstruksi pendidikan Islam dari perspektif kajian literatur, termasuk dikotomi ilmu, islamisasi sains, dan spiritualisasi manusia. Bagian ini mengupas konsep-konsep yang relevan dalam membangun pendidikan Islam yang modern namun tetap berakar pada nilai-nilai Islam. 3. Bagian 5 menjelaskan pendekatan tasawuf dalam pendidikan Islam, termasuk perbedaan antara tasawuf konvensional dan modern, serta implementasinya di sekolah. Bagian ini menunjukkan bagaimana tasawuf dapat menjadi bagian integral dalam pengembangan karakter dan nilai-nilai spiritual dalam pendidikan. Dengan pendekatan yang komprehensif dan terstruktur, buku ini menjadi sumber yang sangat bermanfaat bagi para pengambil kebijakan, pendidik, dan calon pendidik dalam memahami dan mengembangkan pendidikan Islam yang relevan dengan tantangan zaman sekarang.
Peran penting dan strategisnya pendidikan dalam kehidupan manusia tak terbantahkan Demikian juga pendidikan agama Islam PAI yang menjadi ujung tombak dakwah dan pembangunan moral dan akhlak bangsa Permasalahannya adalah bagaimana agar pendidikan agama Islam fungsional sebagai ujung tombak dakwah dan pembangunan moral dan akhlak bangsa Buku ini membahas secara komprehensif tentang ihwal pendidikan agama Islam mulai pada tataran filosofis sampai praksisnya Diawali dari kajian tentang hakikat pendidikan materi yang tersaji didalam buku ini mencakup rekonstruksi paradigma pendidikan Islam pendekatan tasawuf dalam pendidikan agama Islam pemikiran pendidikan karakter al Ghazali model pendidikan di beberapa negara pembentukan manusia ihsan dan karakter rabbani serta PAI untuk menjawab etika global dan sosial Tidak hanya itu dibahas pula tentang hakikat guru PAI yang ideal dan rekonstruksi desain pembelajaran PAI Disamping menggugah paradigma berpikir kritis dalam merespons berbagai tantangan pendidikan agama Islam di era global diharapkan kehadiran buku ini dapat menjadi acuan bagi pemerhati dan praktisi pendidikan Islam khususnya para dosen dan guru dalam mewujudkan sasaran akhir pendidikan agama Islam yaitu pembangunan moral dan akhlak bangsa
Jumlah Halaman | 336 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-422-293-2 |
eISBN | 978-602-422-337-3 |