Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang model pembelajaran *Historical Group Research* (HGR) sebagai salah satu strategi inovatif dalam mengajarkan sejarah di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Model ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang nyata dan konkrit kepada peserta didik, sehingga mereka dapat memahami sejarah secara holistik, kritis, dan berorientasi pada kemajuan bangsa. Dalam buku ini, penulis menjelaskan konsep dasar model HGR, termasuk prinsip-prinsip pembelajaran yang mendukung pengembangan keterampilan berpikir historis dan praktik metode penelitian sejarah. Buku ini juga memberikan sintaks model pembelajaran HGR, analisis kebutuhan pengembangan model di SMA, serta panduan praktis bagi guru dalam implementasi model tersebut. Selain itu, buku ini menyoroti pentingnya relevansi materi sejarah dengan lingkungan peserta didik, serta peran pendidik dalam membentuk identitas nasional melalui pembelajaran sejarah yang berbasis konstruksi sosial dan perspektif sosio-kultural. Buku ini menjadi referensi penting bagi guru, pendidik sejarah, dan mahasiswa yang tertarik pada inovasi dalam pembelajaran sejarah.
Pendidikan merupakan ujung tombak peradaban Dengan adanya pendidikan setiap individu bisa memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya yang kemudian mampu mengubah kehidupan manusia menjadi lebih baik Aktivitas pendidikan merupakan kumpulan yang berisi tentang interaksi antara pendidik dan peserta didik peserta didik dengan teman sebayanya peserta didik dengan bahan belajarnya interaksi tersebut yang kemudian dikenal sebagai kegiatan pembelajaran
Jumlah Halaman | 132 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-329-693-9 |
eISBN | proses |