Asesmen pembelajaran atau biasa juga disebut dengan penilaian hasil belajar adalah aktivitas yang sangat penting dilakukan oleh guru untuk mengetahui tingkat perkembangan hasil belajar peserta didik Namun sebagian guru belum memiliki pemahaman konsep yang baik terhadap istilah tersebut Di dalam buku ini dibahas berbagai hal yang berkaitan dengan konsep asesmen pembelajaran Pembahasan meliputi pengertian berbagai istilah yang saling berkaitan yaitu tes pengukuran asesmen dan evaluasi pembelajaran Banyak orang awam bahkan guru dan penentu kebijakan di bidang pendidikan menggunakan istilah istilah tersebut secara bergantian untuk mengacu hal yang sama Padahal istilah istilah tersebut berbeda satu sama lain dan mengacu pada aktivitas hierarkis yang perlu dilakukan untuk mengetahui hasil belajar achievement peserta didik sekaligus untuk mengetahui efektivitas proses pembelajaran Pada bagian ini juga dibahas berbagai alasan mengapa guru perlu melakukan asesmen pembelajaran Buku ini secara ringkas dan praktis membahas hal hal berkaitan dengan sistem pengujian test pengukuran measurement dan penilaian assessment dan evaluasi secara berkesinambungan serta teknik pengembangannya dalam rangka mengumpulkan informasi hasil belajar peserta didik Buku ini diawali dengan membahas berbagai konsep yang berkaitan dengan perbedaan tes pengukuran penilaian dan evaluasi Selanjutnya secara berturut turut buku ini membahas tes prestasi dan teknik pengembangannya variasi bentuk tes karakteristik tes yang baik tes standar dan tes buatan guru pelaksanaan tes test administration teknik penskoran konversi skor mentah menjadi skor standar penilaian otentik penilaian berbasis HOTS higher order thinking skills pelaporan hasil penilaian evaluasi program pembelajaran Asesmen pembelajaran atau biasa juga disebut dengan penilaian hasil belajar adalah aktivitas yang sangat penting dilakukan oleh guru untuk mengetahui tingkat perkembangan hasil belajar peserta didik Namun sebagian guru belum memiliki pemahaman konsep yang baik terhadap istilah tersebut Di dalam buku ini dibahas berbagai hal yang berkaitan dengan konsep asesmen pembelajaran ...Pembahasan meliputi pengertian berbagai istilah yang saling berkaitan yaitu tes pengukuran asesmen dan evaluasi pembelajaran Banyak orang awam bahkan guru dan penentu kebijakan di bidang pendidikan menggunakan istilah istilah tersebut secara bergantian untuk mengacu hal yang sama Padahal istilah istilah tersebut berbeda satu sama lain dan mengacu pada aktivitas hierarkis yang perlu dilakukan untuk mengetahui hasil belajar achievement peserta didik sekaligus untuk mengetahui efektivitas proses pembelajaran Pada bagian ini juga dibahas berbagai alasan mengapa guru perlu melakukan asesmen pembelajaran Buku ini secara ringkas dan praktis membahas hal hal berkaitan dengan sistem pengujian test pengukuran measurement dan penilaian assessment dan evaluasi secara berkesinambungan serta teknik pengembangannya dalam rangka mengumpulkan informasi hasil belajar peserta didik Buku ini diawali dengan membahas berbagai konsep yang berkaitan dengan perbedaan tes pengukuran penilaian dan evaluasi Selanjutnya secara berturut turut buku ini membahas tes prestasi dan teknik pengembangannya variasi bentuk tes karakteristik tes yang baik tes standar dan tes buatan guru pelaksanaan tes test administration teknik penskoran konversi skor mentah menjadi skor standar penilaian otentik penilaian berbasis HOTS higher order thinking skills pelaporan hasil penilaian evaluasi program pembelajaran