Di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang amat pesat dan sangat progresif dalam di dunia modern manusia menghadapi sekian banyak masalah dan tantangan yang harus diselesaikan dengan baik dan tuntas Salah satu problem krusial yang mendera kehidupan manusia modern adalah krisis dalam dunia pendidikan Paradigma pendidikan yang materialistik dan sekularistik pun turut mewarnai sistem pendidikan Islam Akibatnya manusia modern mengalami alienasi atau keterasingan degradasi moral dan kekeringan atau kehampaan spiritual Sebagai sebuah proses dalam kehidupan dan ikhtiar memanusiakan manusia pendidikan semestinya tampil di garda terdepan dalam memberikan solusi alternatif dan paradigmatik dalam krisis seperti ini Buku ini mencoba menawarkan gagasan konseptualisasi dan reformulasi tujuan dalam kerangka rekonstruksi pendidikan Islam dengan berpijak pada paradigma Qurani Dalam konteks pendidikan Islam tujuan pendidikan adalah derivasi dari konsep tujuan hidup manusia Oleh sebab itu reformulasi tujuan pendidikan Islam dalam tataran praksis mutlak diselaraskan dengan tujuan hidup manusia berdasarkan ajaran ajaran Islam dan Al Quran Kandungan buku ini turut memberikan kontribusi pemikiran dalam hal ini dan bisa dijadikan sebagai salah satu rujukan dalam proyek ambisius untuk merekonstruksi secara menyeluruh sistem pendidikan Islam Di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang amat pesat dan sangat progresif dalam di dunia modern manusia menghadapi sekian banyak masalah dan tantangan yang harus diselesaikan dengan baik dan tuntas Salah satu problem krusial yang mendera kehidupan manusia modern adalah krisis dalam dunia pendidikan Paradigma pendidikan yang materialistik dan ...sekularistik pun turut mewarnai sistem pendidikan Islam Akibatnya manusia modern mengalami alienasi atau keterasingan degradasi moral dan kekeringan atau kehampaan spiritual Sebagai sebuah proses dalam kehidupan dan ikhtiar memanusiakan manusia pendidikan semestinya tampil di garda terdepan dalam memberikan solusi alternatif dan paradigmatik dalam krisis seperti ini Buku ini mencoba menawarkan gagasan konseptualisasi dan reformulasi tujuan dalam kerangka rekonstruksi pendidikan Islam dengan berpijak pada paradigma Qurani Dalam konteks pendidikan Islam tujuan pendidikan adalah derivasi dari konsep tujuan hidup manusia Oleh sebab itu reformulasi tujuan pendidikan Islam dalam tataran praksis mutlak diselaraskan dengan tujuan hidup manusia berdasarkan ajaran ajaran Islam dan Al Quran Kandungan buku ini turut memberikan kontribusi pemikiran dalam hal ini dan bisa dijadikan sebagai salah satu rujukan dalam proyek ambisius untuk merekonstruksi secara menyeluruh sistem pendidikan Islam