Negara Indonesia adalah negara yang berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa serta mayoritas penduduk di Indonesia adalah beragama Islam Namun pendidikan agama juga Pendidikan Agama Islam di lembaga pendidikan umum termasuk pada Perguruan Tinggi Umum belum terdapat posisi yang diharapkan oleh sebagian kalangan Hal ini terutama dalam sistem pembelajarannya legitimasi dari lingkungan kampus dan porsi jam mata kuliahnya Walaupun tak dipungkiri adakala ditemui fasilitas dan berbagai kegiatan keagamaan Islam di kampus PTU Misalnya tersedianya Masjid laboratorium PAI buku bernuansa agama Islam ekstrakurikuler Unit Kegiatan Mahasiswa yang bernuansa Islam dan diadakan kegiatan keagamaan seperti pengajian Ataupun bentuk kegiatan ilmiah dan formal yang bernuansa Islam salah satu contohnya diadakan pembekalan keagamaan bagi mahasiswa baru saat dilaksanakan proses orientasi OSPEK Pada BAB I buku ini berisi tentang pendahuluan secara garis besar membahas latar belakang alasan dan pentingnya PAI harus ada pada PTU BAB II berisi pembahasan tentang Sistem Pembelajaran PAI secara umum dan dibahas dengan detail beserta komponen komponen yang mempengaruhinya Secara garis besar pada bagian ini dikupas bagaimana ciri khusus sistem pembelajaran PAI secara umum termasuk faktor faktor yang menjadi pengaruhnya BAB III adalah penggambaran tentang Pendidikan Agama Islam di PTU yang membahas secara detail tentang pengertian Perguruan Tinggi Umum Serta perbedaan PTU dengan Perguruan Tinggi Agama PTA yang disertai contoh contohnya dan perbedaan PAI di jenjang Pendidikan Dasar dan menengah dengan pembelajaran PAI pada PTU Tujuan dibuatnya bab ini adalah diharapkan pembaca bisa memahami lebih mendalam bagaimana kedudukan tantangan dan hal hal yang mempengaruhi sistem pembelajaran PAI di PTU baik langsung maupun tidak langsung Dan yang terakhir BAB IV berisi tentang Sistem Pembelajaran PAI pada PTU yang mendeskripsikan tentang empat komponen sistem pembelajaran PAI yaitu materi tujuan strategi dan evaluasi Negara Indonesia adalah negara yang berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa serta mayoritas penduduk di Indonesia adalah beragama Islam Namun pendidikan agama juga Pendidikan Agama Islam di lembaga pendidikan umum termasuk pada Perguruan Tinggi Umum belum terdapat posisi yang diharapkan oleh sebagian kalangan Hal ini terutama dalam sistem pembelajarannya legitimasi dari lingkungan ...kampus dan porsi jam mata kuliahnya Walaupun tak dipungkiri adakala ditemui fasilitas dan berbagai kegiatan keagamaan Islam di kampus PTU Misalnya tersedianya Masjid laboratorium PAI buku bernuansa agama Islam ekstrakurikuler Unit Kegiatan Mahasiswa yang bernuansa Islam dan diadakan kegiatan keagamaan seperti pengajian Ataupun bentuk kegiatan ilmiah dan formal yang bernuansa Islam salah satu contohnya diadakan pembekalan keagamaan bagi mahasiswa baru saat dilaksanakan proses orientasi OSPEK Pada BAB I buku ini berisi tentang pendahuluan secara garis besar membahas latar belakang alasan dan pentingnya PAI harus ada pada PTU BAB II berisi pembahasan tentang Sistem Pembelajaran PAI secara umum dan dibahas dengan detail beserta komponen komponen yang mempengaruhinya Secara garis besar pada bagian ini dikupas bagaimana ciri khusus sistem pembelajaran PAI secara umum termasuk faktor faktor yang menjadi pengaruhnya BAB III adalah penggambaran tentang Pendidikan Agama Islam di PTU yang membahas secara detail tentang pengertian Perguruan Tinggi Umum Serta perbedaan PTU dengan Perguruan Tinggi Agama PTA yang disertai contoh contohnya dan perbedaan PAI di jenjang Pendidikan Dasar dan menengah dengan pembelajaran PAI pada PTU Tujuan dibuatnya bab ini adalah diharapkan pembaca bisa memahami lebih mendalam bagaimana kedudukan tantangan dan hal hal yang mempengaruhi sistem pembelajaran PAI di PTU baik langsung maupun tidak langsung Dan yang terakhir BAB IV berisi tentang Sistem Pembelajaran PAI pada PTU yang mendeskripsikan tentang empat komponen sistem pembelajaran PAI yaitu materi tujuan strategi dan evaluasi