Sinopsis Buku: Buku ini menjelaskan konsep dan implementasi pendidikan Islam yang berwawasan anti kekerasan dan berlandaskan Hak Asasi Manusia (HAM). Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, antara lain: 1. Pendahuluan: Memberikan latar belakang dan pentingnya pendidikan Islam dalam konteks mencegah kekerasan dan memperkuat nilai-nilai HAM. 2. Kekerasan dalam Dunia Pendidikan: Menganalisis bentuk-bentuk kekerasan yang sering terjadi dalam lingkungan pendidikan, baik secara fisik, verbal maupun psikologis. 3. Faktor-Faktor Penyebab Kekerasan: Menjelaskan akar masalah dan penyebab kekerasan dalam pendidikan, seperti kurangnya pengawasan, kurangnya kesadaran akan HAM, dan kurangnya pengembangan karakter yang seimbang. 4. Penanggulangan Pendidikan Tanpa Kekerasan: Memberikan strategi dan pendekatan dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan berlandaskan nilai-nilai Islam serta HAM. 5. Desain PAI Berwawasan Anti Kekerasan dan HAM: Merancang kurikulum dan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berorientasi pada penguatan karakter, penghormatan terhadap HAM, serta pencegahan terhadap kekerasan. 6. Pendidikan Islam dan Hukum Alam: Menggambarkan pandangan Islam tentang alam sebagai bagian dari ciptaan Tuhan yang harus dihormati dan dijaga dalam proses pendidikan. 7. Pendidik dan Peserta Didik dalam Pandangan Islam: Menjelaskan peran dan tanggung jawab pendidik serta peserta didik dalam sistem pendidikan Islam, dengan menekankan pentingnya kesadaran akan nilai-nilai Islam dan HAM. 8. Pendidikan Karakter Islami: Merancang pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik yang berakhlak, beretika, dan berakar pada nilai-nilai Islam. 9. Pendidikan Tanpa Kekerasan: Meninjau secara teologis konsep pendidikan tanpa kekerasan, serta menggali relevansi nilai-nilai Islam dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang harmonis, adil, dan manusiawi. Buku ini merupakan karya pengkodifikasi dari makalah-makalah perkuliahan penulis, yang ditujukan untuk memberikan kontribusi akademik dan sosial dalam upaya mewujudkan pendidikan Islam yang berwawasan anti kekerasan dan berlandaskan HAM.
Sinopsis Buku: Buku ini menjelaskan konsep dan implementasi pendidikan Islam yang berwawasan anti kekerasan dan berlandaskan Hak Asasi Manusia (HAM). Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, antara lain: 1. Pendahuluan: Memberikan latar belakang dan pentingnya pendidikan Islam dalam konteks mencegah kekerasan dan memperkuat nilai-nilai HAM. 2. Kekerasan dalam Dunia Pendidikan: Menganalisis bentuk-bentuk kekerasan yang sering terjadi dalam lingkungan pendidikan, baik secara fisik, verbal maupun psikologis. 3. Faktor-Faktor Penyebab Kekerasan: Menjelaskan akar masalah dan penyebab kekerasan dalam pendidikan, seperti kurangnya pengawasan, kurangnya kesadaran akan HAM, dan kurangnya pengembangan karakter yang seimbang. 4. Penanggulangan Pendidikan Tanpa Kekerasan: Memberikan strategi dan pendekatan dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan berlandaskan nilai-nilai Islam serta HAM. 5. Desain PAI Berwawasan Anti Kekerasan dan HAM: Merancang kurikulum dan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berorientasi pada penguatan karakter, penghormatan terhadap HAM, serta pencegahan terhadap kekerasan. 6. Pendidikan Islam dan Hukum Alam: Menggambarkan pandangan Islam tentang alam sebagai bagian dari ciptaan Tuhan yang harus dihormati dan dijaga dalam proses pendidikan. 7. Pendidik dan Peserta Didik dalam Pandangan Islam: Menjelaskan peran dan tanggung jawab pendidik serta peserta didik dalam sistem pendidikan Islam, dengan menekankan pentingnya kesadaran akan nilai-nilai Islam dan HAM. 8. Pendidikan Karakter Islami: Merancang pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik yang berakhlak, beretika, dan berakar pada nilai-nilai Islam. 9. Pendidikan Tanpa Kekerasan: Meninjau secara teologis konsep pendidikan tanpa kekerasan, serta menggali relevansi nilai-nilai Islam dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang harmonis, adil, dan manusiawi. Buku ini merupakan karya pengkodifikasi dari makalah-makalah perkuliahan penulis, yang ditujukan untuk memberikan kontribusi akademik dan sosial dalam upaya mewujudkan pendidikan Islam yang berwawasan anti kekerasan dan berlandaskan HAM.
Jumlah Halaman | 152 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Nusamedia |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-6913-56-4 |
eISBN |