Implementasi Kurikulum 2013 dilaksanakan secara bertahap agar sekolah atau satuan Pendidikan dapat menyiapkan diri baik dari segi pendidik maupun dari Instansi terkait Selain itu implementasi dimulai dari kelas 1 kelas 4 kelas 7 dan kelas 10 kelancaran implementasi juga bisa terjaga dengan program seperti ini Kurikulum 2013 tidak serta merta diterapkan untuk tengah dan atau akhir kelas sehingga peserta didik tidak mengalami kebingungan Jumlah sekolah pelaksanan Kurikulum 2013 pada Tahun Ajaran 2016 2017 adalah 58 190 sekolah dan ditargetkan terlaksana pada 211 512 sekolah pada Tahun Ajaran 2019 2020 Untuk memastikan implementasi Kurikulum 2013 ini Kemendikbud mempunyai strategi tertentu yaitu dengan membekali guru pelatihan secara bertahap yaitu pelibatan guru sebagai instruktur kurikulum yang merupakan prasyarat awal guru pelaksana Kurikulum 2013 Pelatihan ini juga dilakukan secara berjenjang dari tingkat nasional sampai tingkat Guru Sasaran GS Pelatihan Kurikulum didesain untuk menghasilkan tiga kualitas kunci yaitu paradigma dan pemahaman atas substansi materi Kurikulum 2013 kemampuan fasilitasi dan perilaku attitude yang berkualitas utamanya keterbukaan pembelajar dan tangguh Melalui buku yang berjudul INOVASI BARU KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI sebagai jawaban atas kebingungan guru khususnya Guru Pendidikan Agama Islam PAI terutama tingkat pendidikan menengah SMA SMK mengenai perubahanperubahan Kurikulum 2013 Revisi 2017 buku ini membahas secara lengkap bagaimana perubahan perubahan itu dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran tentu saja perubahan tersebut berorientasi pada inovasi innovation sesuai dengan pendidikan dan pembelajaran abad 2 Pembahasan ini tentu saja tidak terlepas dari panduan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang disajikan lebih praktis dan aplikatif agar dapat dipahami lebih mendetil serta berkesinambungan pembahasan tersebut yang dimulai dari analisis SKL KI KD hingga kepada proses penilaian Pembahasan dalam buku ini memberikan gambaran secara mendetil seperti model pembelajaran yang merupakan diorientasikan pada prinsip mengkombinasikan dengan pengalaman belajar peserta didik Implementasi Kurikulum 2013 dilaksanakan secara bertahap agar sekolah atau satuan Pendidikan dapat menyiapkan diri baik dari segi pendidik maupun dari Instansi terkait Selain itu implementasi dimulai dari kelas 1 kelas 4 kelas 7 dan kelas 10 kelancaran implementasi juga bisa terjaga dengan program seperti ini Kurikulum 2013 tidak serta merta diterapkan ...untuk tengah dan atau akhir kelas sehingga peserta didik tidak mengalami kebingungan Jumlah sekolah pelaksanan Kurikulum 2013 pada Tahun Ajaran 2016 2017 adalah 58 190 sekolah dan ditargetkan terlaksana pada 211 512 sekolah pada Tahun Ajaran 2019 2020 Untuk memastikan implementasi Kurikulum 2013 ini Kemendikbud mempunyai strategi tertentu yaitu dengan membekali guru pelatihan secara bertahap yaitu pelibatan guru sebagai instruktur kurikulum yang merupakan prasyarat awal guru pelaksana Kurikulum 2013 Pelatihan ini juga dilakukan secara berjenjang dari tingkat nasional sampai tingkat Guru Sasaran GS Pelatihan Kurikulum didesain untuk menghasilkan tiga kualitas kunci yaitu paradigma dan pemahaman atas substansi materi Kurikulum 2013 kemampuan fasilitasi dan perilaku attitude yang berkualitas utamanya keterbukaan pembelajar dan tangguh Melalui buku yang berjudul INOVASI BARU KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI sebagai jawaban atas kebingungan guru khususnya Guru Pendidikan Agama Islam PAI terutama tingkat pendidikan menengah SMA SMK mengenai perubahanperubahan Kurikulum 2013 Revisi 2017 buku ini membahas secara lengkap bagaimana perubahan perubahan itu dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran tentu saja perubahan tersebut berorientasi pada inovasi innovation sesuai dengan pendidikan dan pembelajaran abad 2 Pembahasan ini tentu saja tidak terlepas dari panduan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang disajikan lebih praktis dan aplikatif agar dapat dipahami lebih mendetil serta berkesinambungan pembahasan tersebut yang dimulai dari analisis SKL KI KD hingga kepada proses penilaian Pembahasan dalam buku ini memberikan gambaran secara mendetil seperti model pembelajaran yang merupakan diorientasikan pada prinsip mengkombinasikan dengan pengalaman belajar peserta didik