Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep pendidikan Islam yang menyeluruh, tidak hanya berfokus pada aspek intelektual, tetapi juga mencakup pembentukan akhlak, keterampilan hidup, dan pengembangan kecerdasan spiritual dan transendental. Dalam konteks hukum, buku ini juga menyampaikan ketentuan terkait hak cipta dalam Undang-Undang No. 28 Tahun 2014, termasuk fungsi dan sifat hak cipta, pembatasan pelindungan hak cipta, serta sanksi pelanggaran yang dikenakan terhadap pelaku pelanggaran hak ekonomi. Buku ini memberikan pemahaman tentang pentingnya pendidikan Islam sebagai tanggung jawab bersama antara keluarga, pemerintah, dan masyarakat, serta membahas peran orang tua dan guru dalam mendidik anak dengan metode yang tepat. Selain itu, buku ini juga menekankan bahwa kecerdasan intelektual harus diimbangi dengan kecerdasan spiritual dan transendental, serta menggambarkan bahwa pendidikan Islam bertujuan untuk menciptakan manusia yang berakhlak mulia, taat kepada Allah, dan berkontribusi positif bagi masyarakat, bangsa, dan negara.
Ajaran Islam pada hakekatnya memiliki tiga pilar utama yakni akidah syariah dan akhlak Misi utama Nabi Muhammad saw adalah menyempurnakan akhlak yang mulia akhlaq al kar mah Pembinaan akhlak erat kaitannya dengan pendidikan Islam Dengan demikian pendidikan Islam berorientasi bukan saja untuk peningkatan pengetahuan kognisi namun juga pembinaan dan peningkatan akhlak sikap afeksi dan keterampilan hidup psikomotorik peserta didik Pendidikan yang hanya berorientasi pada kecerdasan intelektual akan melahirkan manusia manusia yang memiliki kecerdasan secara akademik namun dalam realitas mereka justru menjadi sumber problem kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara Kecerdasannya digunakan untuk melakukan berbagai tindak criminal yang sangat merugikan masyarakat bangsa dan negara seperti para koruptor bandar narkoba mafia migas illegal fishing yang mayoritas adalah orangorang pintar secara intelektual Namun afeksi kecerdasan spiritual mereka sangat rendah Karena itu pendidikan Islam menggabungkan beberapa kecerdasan baik kecerdasan intelektual kecerdasan emosional kecerdasan spiritual dan kecerdasan transendental Bahkan wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad saw adalah perintah untuk membaca iqra yang tidak disebutkan objeknya Hal itu menunjukkan bahwa umat Islam diperintahkan untuk membaca dengan objek tak terbatas membaca apa saja Namun proses dan tujuan pembacaan tersebut harus berorientasi kepada kecerdasan spiritual dan transcendental bismi rabbika Membaca merupakan bagian dari proses pendidikan bukan saja untuk mencerdaskan otak dan emosional namun terlebih daripada itu harus mampu mencerdaskan kesadaran spiritual dan kedekatan dengan Allah sang pencipta kecerdasan transedental Dengan demikian semakin cerdas seseorang akan semakin taat kepada Allah sehingga memiliki akhlak yang luhur dan mulia
Jumlah Halaman | 509 |
---|---|
Kategori | Agama |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-623-7022-31-2 |
eISBN | 978-623-209-444-4 |