Manajemen merupakan unsur penting dalam pelaksaan setiap program organisasi termasuk di dalamnya adalah organisasi pendidikan Dalam lembaga pendidikan semua unsur pelaksanaan pendidikan akan berjalan dengan baik jika dikelola dengan menggunakan konsep dan prinsip prinsip manajemen Prinsip prinsip manajemen yang diterapkan dengan benar dan baik akan berdampak kepada efisiensi pelaksanaan program meningkatnya kualitas dan produktivitas pendidikan yang pada akhirnya mejadikan lembaga tersebut bermutu Manajemen dalam pelaksanaan program pendidikan bukanlah tujuan tetapi alat atau metode untuk mencapai mutu dan meningkatkan performance yang harapkan Di indonesia upaya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan telah dilakukan salah satunya adalah dengan perbaikan pola manajemen Kebijakan desentralisasi adalah bentuk pebaikan dan reparadigmatisasi pengelolaan pendidikan dimana terdapat penyerahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah kepada daerah untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya Diantara aspek yang menjadi kewenangan pemerintah daerah provinsi adalah penyelenggaraan pendidikan dan alokasi sumber daya manusia potensial Hal ini merupakan jawaban dan solusi keterpurukan pendidikan nasional yang menurut World Bank dalam Educational Indonesia From Crisis to Recovery disebabkan oleh empat hal yaitu pertama kompleksitas pengorganisasian pendidikan Kedua praktek manajemen yang sentralistik Ketiga penganggaran dan pengelolaan pendidikan yang kaku dan Keempat manajemen pada tingkat sekolah yang tidak efektif Manajemen merupakan unsur penting dalam pelaksaan setiap program organisasi termasuk di dalamnya adalah organisasi pendidikan Dalam lembaga pendidikan semua unsur pelaksanaan pendidikan akan berjalan dengan baik jika dikelola dengan menggunakan konsep dan prinsip prinsip manajemen Prinsip prinsip manajemen yang diterapkan dengan benar dan baik akan berdampak kepada efisiensi pelaksanaan program meningkatnya ...kualitas dan produktivitas pendidikan yang pada akhirnya mejadikan lembaga tersebut bermutu Manajemen dalam pelaksanaan program pendidikan bukanlah tujuan tetapi alat atau metode untuk mencapai mutu dan meningkatkan performance yang harapkan Di indonesia upaya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan telah dilakukan salah satunya adalah dengan perbaikan pola manajemen Kebijakan desentralisasi adalah bentuk pebaikan dan reparadigmatisasi pengelolaan pendidikan dimana terdapat penyerahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah kepada daerah untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya Diantara aspek yang menjadi kewenangan pemerintah daerah provinsi adalah penyelenggaraan pendidikan dan alokasi sumber daya manusia potensial Hal ini merupakan jawaban dan solusi keterpurukan pendidikan nasional yang menurut World Bank dalam Educational Indonesia From Crisis to Recovery disebabkan oleh empat hal yaitu pertama kompleksitas pengorganisasian pendidikan Kedua praktek manajemen yang sentralistik Ketiga penganggaran dan pengelolaan pendidikan yang kaku dan Keempat manajemen pada tingkat sekolah yang tidak efektif