Dalam kooperatif tipe jigsaw siswa dapat mengembangkan keahlian dan keterampilan yang diperlukan untuk menggolongkan aktivitas yaitu mendengarkan menyampaikan kerjasama refleksi dan keterampilan memecahkan masalah Sehingga motivasi teman sebaya yang digunakan secara efektif di kelas untuk meningkatkan baik pembelajaran kognitif maupun pertumbuhan efektif siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar Prestasi belajar siswa yang biasanya ditunjukkan dengan hasil belajar siswa ditentukan pula adanya kesesuaian antara motivasi yang ada dalam diri siswa dengan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru Dalam kooperatif tipe jigsaw siswa dapat mengembangkan keahlian dan keterampilan yang diperlukan untuk menggolongkan aktivitas yaitu mendengarkan menyampaikan kerjasama refleksi dan keterampilan memecahkan masalah Sehingga motivasi teman sebaya yang digunakan secara efektif di kelas untuk meningkatkan baik pembelajaran kognitif maupun pertumbuhan efektif siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar Prestasi belajar siswa ...yang biasanya ditunjukkan dengan hasil belajar siswa ditentukan pula adanya kesesuaian antara motivasi yang ada dalam diri siswa dengan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru