Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai aspek penting terkait hak cipta dan perlindungan hukum terhadap karya intelektual, serta menjelaskan peran pendidikan dalam membentuk karakter dan pengetahuan individu. Dalam bab pertama, buku ini menjelaskan konsep hak cipta secara umum, termasuk lingkup hak cipta dan ketentuan pidana yang terkait, seperti Pasal 72 Undang-Undang Hak Cipta No. 19 Tahun 2002. Pasal tersebut menegaskan bahwa siapa pun yang dengan sengaja atau tanpa hak melakukan pelanggaran hak cipta dapat dihukum dengan pidana penjara dan/atau denda, dengan tingkat hukuman yang beragam tergantung pada jenis pelanggaran. Selain itu, buku ini juga menyampaikan tantangan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), khususnya sejarah, yang sering dianggap membosankan dan hanya berupa hafalan. Buku ini menyoroti bahwa metode pembelajaran yang kaku dan tidak inovatif, seperti ceramah dan dikte, masih diterapkan di banyak sekolah, yang berdampak pada rendahnya minat siswa terhadap pelajaran IPS. Namun, buku ini juga memberikan harapan bahwa melalui pendekatan pembelajaran yang lebih modern, seperti penggunaan multimedia dan moving picture, pembelajaran IPS dapat menjadi lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Dengan pendekatan yang komprehensif dan berbasis penelitian, buku ini memberikan wawasan tentang pentingnya pendidikan dalam membentuk karakter, sikap, dan moral peserta didik, serta peran guru dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna. Buku ini ditulis oleh Erna Sulistyorini, M.Pd., dan diterbitkan pada tahun 2020. Buku ini sangat relevan untuk para guru, dosen, mahasiswa, serta pembaca yang tertarik pada topik hukum cipta dan pendidikan.
Buku Antologi Artikel Ilmiah mererupakan kumpulan dari artikel tentang pendidikan diantaranya yaitu 1 Peningkatan Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Penerapan Multimedia Moving Picture pada Siswa 2 Aplikasi Desain Model Pembelajaran ASSURE dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Jigsaw 3 Efektivitas Media Gambar dalam Pembelajaran IPS Sejarah Tentang Tokoh Tokoh Pergerakan Nasional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa 4 Jualan Museum Yuk 5 Perbedaan Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning CTL dan Konvensional terhadap Penguasaan Kompetensi Dasar Pembelajaran IPS Terpadu Ditinjau Minat Belajar Siswa 6 Penggunaan Model Problem Base Learning pada Mata Pelajaran IPS Sejarah untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa 7 Semangat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 Menuju Masyarakat Indonesia yang Adil dan Makmur serta Berdaulat
Jumlah Halaman | 152 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Indocamp |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-252-577-1 |
eISBN | 978-623-252-578-8 |