Sinopsis Buku: Buku *Teori Belajar & Pembelajaran* karya Yenny Suzana dan Imam Jayanto ini menyajikan konsep-konsep dasar dan pendekatan dalam dunia pendidikan terkait proses belajar dan pembelajaran. Buku ini membahas hakikat belajar, yaitu perubahan perilaku individu yang dapat terjadi melalui pengalaman atau pengetahuan yang disadari. Belajar bukan hanya sekadar mengingat materi, tetapi juga melibatkan perubahan psikomotorik, afektif, dan kognitif dalam diri individu. Buku ini menjelaskan berbagai teori belajar yang relevan, seperti teori behavioristik, kognitif, konstruktivistik, humanistik, sibernetik, revolusi sosio-kultural, dan kecerdasan majemuk. Setiap teori disertai dengan penjelasan yang jelas, contoh, serta implikasinya dalam proses pembelajaran. Selain itu, buku ini juga membahas prinsip-prinsip belajar, tujuan belajar, bentuk-bentuk belajar, serta peran guru dalam pembelajaran yang aktif dan efektif. Buku ini sangat cocok untuk para pendidik, calon pendidik, mahasiswa, dan semua pihak yang tertarik untuk memahami lebih dalam tentang konsep belajar dan pembelajaran dalam konteks pendidikan modern. Dengan penjelasan yang sistematis dan mudah dipahami, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.
Proses belajar bertujuan untuk memberikan perubahan perilaku individu ke arah yang lebih baik dari sebelumnya Kemudian dengan mendapatkan ilmu pengetahuan diharapkan tiap individu dapat meningkatkan kemampuan berpikir kognitifnya dalam menyelesaikan masalah Selanjutnya dapat menumbuhkan dan menerapkan konsep keterampilan jasmani maupun rohani dengan matang sehingga munculnya perubahan psikomotorik juga dapat membentuk sikap individu mengarahkan untuk berpikir kepada hal yang positif agar memunculkan perubahan afektif pada individu
Jumlah Halaman | 136 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-329-136-1 |
eISBN | proses |