Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif untuk memahami konsep-konsep dasar belajar dan pembelajaran, yang dirancang khusus untuk membantu mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Belajar dan Pembelajaran sebagai fondasi awal untuk mempelajari mata kuliah selanjutnya. Buku ini disusun sesuai dengan silabus yang ditentukan oleh Institut Pembina Rohani Islam Jakarta (IPRIJA), tempat penulis memberikan perkuliahan. Buku ini membahas berbagai aspek penting terkait motivasi belajar, termasuk ciri-ciri, jenis, faktor-faktor yang memengaruhi, prinsip-prinsip, fungsi, dasar-dasar pemberian motivasi, konsep penting, bentuk-bentuk motivasi, serta upaya-upaya untuk meningkatkan motivasi belajar. Selain itu, buku ini juga menjelaskan teori-teori belajar, seperti teori behaviorisme, teori kognitif, dan teori konstruktivisme, serta karakteristik, asumsi, prinsip, dan aplikasi dari masing-masing teori dalam konteks pembelajaran. Dengan bahasa yang jelas dan terstruktur, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin memperdalam pemahaman mereka tentang proses belajar dan pembelajaran, serta menerapkannya dalam praktik pembelajaran di kampus.
Belajar adalah usaha usaha untuk membentuk tanggapan baru Peristiwa belajar dipandang sebagai peristiwa untuk menghadapi masalah masalah berdasarkan tanggapan tanggapan yang telah ada 1 Belajar adalah suatu proses aktif yang dimaksud aktif dalam belajar bukan hanya aktivitas yang tampak seperti gerakan gerkan badan akan tetapi juga aktivitas aktivitas mental seperti proses berpikir mengingat dan sebagainya 2 Belajar adalah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan pengetahuan sikap kebiasaan pemahaman ketrampilan daya pikir dan kemampuan kemampuan yang lain
Jumlah Halaman | 174 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-495-128-8 |
eISBN | proses |