Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penerapan model pembelajaran *Jigsaw* dalam pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya dalam materi *Menganalisis Gerak Parabola*. Buku ini ditulis oleh Titik Retno Kusumawati, S.Pd., berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Pakem Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis gerak parabola melalui penerapan metode *Jigsaw*. Buku ini menjelaskan secara rinci tentang konsep belajar dan hasil belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Selanjutnya, buku ini juga membahas pengertian dan jenis-jenis model pembelajaran *cooperative*, khususnya model *Jigsaw*. Dalam bagian utama, buku ini menyajikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran *Jigsaw* dalam pembelajaran Fisika, serta keunggulan dan kelemahan dari model pembelajaran ini. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang minat belajar peserta didik, termasuk indikator-indikator minat belajar. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi para guru dalam melaksanakan inovasi pembelajaran di kelas, terutama dalam meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa terhadap materi Fisika.
Buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas berjudul Upaya Peningkatan Kemampuan Menganalisis Gerak Parabola Melalui Penerapan Metode Jigsaw Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Pakem Tahun Pelajaran 2018 2019 yang dilakukan oleh penulis Dalam buku ini diuraikan secara luas mengenai pengertian belajar dan hasil belajar pengertian model pembelajaran cooperative pengertian model pembelajaran cooperative tipe jigsaw dan pengertian minat belajar Dalam buku ini juga diuraikan mengenai langkah langkah penerapan model pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran Fisika materi Menganalisis Gerak Parabola di SMA
Jumlah Halaman | 92 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-7943-11-2 |
eISBN |