Dalam tulisan ini penulis memberikan alternatif model pembelajaran untuk menjawab permasalahan tersebut yakni model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio dalam pembelajaran kimia sesuai dengan tuntutan kurikulum sebagai upaya mengembangkan peran guru sebagai fasilitator dan moderator Melalui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio siswa akan menggali dan menemukan sendiri konsep konsep yang terkait dengan materi pelajaran Penemuan konsep melalui menemukan sendiri akan menjadikan belajar siswa lebih bermakna meaningful learning kebermaknaan dalam belajar akan berdampak pada daya ingat dan pemahaman siswa terhadap konsep konsep yang lebih kuat sehingga akan berdampak positip terhadap hasil belajar kimia Selain itu adversity quotient siswa akan memiliki kontribusi pula dalam menentukan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia Dalam tulisan ini penulis memberikan alternatif model pembelajaran untuk menjawab permasalahan tersebut yakni model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio dalam pembelajaran kimia sesuai dengan tuntutan kurikulum sebagai upaya mengembangkan peran guru sebagai fasilitator dan moderator Melalui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio siswa akan menggali dan menemukan sendiri konsep ...konsep yang terkait dengan materi pelajaran Penemuan konsep melalui menemukan sendiri akan menjadikan belajar siswa lebih bermakna meaningful learning kebermaknaan dalam belajar akan berdampak pada daya ingat dan pemahaman siswa terhadap konsep konsep yang lebih kuat sehingga akan berdampak positip terhadap hasil belajar kimia Selain itu adversity quotient siswa akan memiliki kontribusi pula dalam menentukan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia