Logo Bacabuku
Disabilitas dan Pendidikan Inklusif di Perguruan Tinggi

Disabilitas dan Pendidikan Inklusif di Perguruan Tinggi

Ari Pratiwi; dkk.
Ebook

Deskripsi ebook

Berdasarkan konteks yang diberikan, tidak dapat dibuat sinopsis singkat buku ini karena konteks yang tersedia terdiri dari serangkaian karakter atau kode yang tidak dapat dibaca atau diinterpretasikan sebagai teks yang bermakna dalam bahasa Indonesia. Tidak ada informasi yang jelas mengenai isi, tema, atau konten buku tersebut. Oleh karena itu, materi yang ada tanyakan tidak diterangkan dalam buku ini.

Sinopsis ebook

Buku ini memiliki empat bab yang secara teoritis dan praktis berusaha menggambarkan implementasi pendidikan tinggi inklusif bagi penyandang disabilitas Pemilihan Universitas Brawijaya UB sebagai studi kasus didasarkan pada beberapa kriteria unik yang dimiliki oleh UB yaitu pertama sejak tahun 2012 2018 UB adalah satu satunya perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki kebijakan afirmasi seleksi masuk perguruan tinggi bagi penyandang disabilitas Kedua UB memiliki Pusat Studi dan Layanan Disabilitas PSLD yang tidak hanya fokus pada pemberian layanan tetapi juga kajian kajian ilmiah tentang isu isu disabilitas Ketiga sejak tahun 2012 2018 UB telah menyediakan akses bagi 124 mahasiswa dengan disabilitas sensorik motorik serta intelektual dan perkembangan Keempat pada tahun 2013 UB mendapatkan Inclusive Education Award dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Mendikbud R I Bab 1 dalam buku ini mengajak para pembaca untuk berkenalan dengan disabilitas melalui berbagai sudut pandang Selanjutnya di bab 2 para pembaca akan disuguhkan perjalanan panjang pemenuhan hak pendidikan bagi penyandang disabilitas Bab ini juga menampilkan beberapa contoh akomodasi dan teknologi bantu Tidak hanya itu di akhir bab 2 tim penulis menyampaikan pentingnya peran pendidikan inklusif dalam mempersiapkan penyandang disabilitas untuk memasuki dunia kerja Kemudian di bab 3 tim penulis secara khusus membahas proses UB menjadi perguruan tinggi inklusif selama enam tahun terakhir Bab ini juga menceritakan tentang bagaimana peran PSLD UB sebagai pusat layanan dan kajian isu isu disabilitas Sedangkan bab 4 yang menjadi penutup buku ini menjadi media tim penulis untuk merefleksikan pengalaman UB selama berproses menjadi perguruan tinggi inklusif di Indonesia Untuk melakukan refleksi tersebut tim penulis menggunakan indeks inklusivitas dari Booth dan Ainscow 2002

Detail Buku

Jumlah Halaman 138
Kategori Pendidikan
Penerbit UB PRESS
Tahun Terbit 2018
ISBN 978-602-432-635-7
eISBN 978-602-432-636-4
Disabilitas dan Pendidikan Inklusif di Perguruan Tinggi

Disabilitas dan Pendidikan Inklusif di Perguruan Tinggi

Ari Pratiwi; dkk.