Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif inspiratif menyenangkan menantang memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik Untuk itu setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan pembelajaran pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan Agar proses pembelajaran dapat memenuhi standar proses seperti yang diharapkan dalam peraturan pemerintah di atas maka guru disyaratkan untuk memahami dengan baik model pendekatan metode maupun strategi yang akan di gunakan dalam mengembangkan proses pembelajaran di kelas Tidak semua model pendekatan metode maupun strategi dapat memenuhi standar proses pendidikan Dengan demikian guru perlu berinovasi dengan model pendekatan metode dan strategi yang akan di gunakan Salah satu model pembelajaran yang dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan proses pembelajaran di kelas yang inovatif adalah model Pembelajaran Berbasis Proyek PBP Model Pembelajaran Berbasis Proyek PBP dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di Kelas menguraikan tentang model pembelajaran berbasis proyek sebagai salah satu upaya pengembangan proses pembelajaran Di dalamnya diuraikan secara rinci mengenai Pembelajaran Berbasis Proyek PBP mulai dari pengertian dasar teori jenis tahapan hingga contoh yang digunakan dalam model PBP Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif inspiratif menyenangkan menantang memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik Untuk itu setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan pembelajaran pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian ...proses pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan Agar proses pembelajaran dapat memenuhi standar proses seperti yang diharapkan dalam peraturan pemerintah di atas maka guru disyaratkan untuk memahami dengan baik model pendekatan metode maupun strategi yang akan di gunakan dalam mengembangkan proses pembelajaran di kelas Tidak semua model pendekatan metode maupun strategi dapat memenuhi standar proses pendidikan Dengan demikian guru perlu berinovasi dengan model pendekatan metode dan strategi yang akan di gunakan Salah satu model pembelajaran yang dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan proses pembelajaran di kelas yang inovatif adalah model Pembelajaran Berbasis Proyek PBP Model Pembelajaran Berbasis Proyek PBP dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di Kelas menguraikan tentang model pembelajaran berbasis proyek sebagai salah satu upaya pengembangan proses pembelajaran Di dalamnya diuraikan secara rinci mengenai Pembelajaran Berbasis Proyek PBP mulai dari pengertian dasar teori jenis tahapan hingga contoh yang digunakan dalam model PBP