Kurikulum pada umumnya hanyalah merupakan sebuah alat pembelajaran yang turut berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan nasional sehingga kedudukannya memegang peranan penting dalam mewujudkan sekolah bermutu yang dilihat dari sisi keberkualitasan peserta didiknya Bagaimanapun ideal dan bagusnya suatu kurikulum seperti Kurikulum 2013 tetapi jika tidak dapat diimplementasikan oleh guru di lapangan maka tentunya kurikulum tersebut hanya akan menjadi sebuah dokumen tertulis semata Karena itu dalam proses keberhasilan pelaksanaan suatu kurikulum sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam upaya pengimplementasiannya utamanya dalam lingkungan pendidikan formal Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak berarti menyurutkan peranan guru sebagai tenaga pengajar sekaligus sebagai pendidik malahan tanggungjawab dan peran guru akan semakin besar Kehebatan penemuan hasil hasil teknologi khususnya teknologi informatika dan komunikasi yang dapat memudahkan setiap orang untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi pada hakikatnya peran guru tidak dapat tergantikan Justru penemuan hasil hasil teknologi tersebut akan menambah beban tugas dan tanggung jawab guru Demikian juga halnya ledakan ilmu pengetahuan menuntut guru untuk secara terus menerus memperbaharui meng up date pengetahuannya melalui kegiatan kegiatan ilmiah sehingga peran guru bukan hanya sebagai sumber informasi semata akan tetapi juga sekaligus sebagai peneliti Dan melalui perannya itulah diharapkan guru dapat menemukan dan memberikan informasi dan pengetahuan yang benar benar memiliki nilai guna untuk memenuhi kebutuhan peserta didiknya sebagai generasi bangsa yang dapat diandalkan Kurikulum pada umumnya hanyalah merupakan sebuah alat pembelajaran yang turut berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan nasional sehingga kedudukannya memegang peranan penting dalam mewujudkan sekolah bermutu yang dilihat dari sisi keberkualitasan peserta didiknya Bagaimanapun ideal dan bagusnya suatu kurikulum seperti Kurikulum 2013 tetapi jika tidak dapat diimplementasikan oleh guru di lapangan maka tentunya ...kurikulum tersebut hanya akan menjadi sebuah dokumen tertulis semata Karena itu dalam proses keberhasilan pelaksanaan suatu kurikulum sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam upaya pengimplementasiannya utamanya dalam lingkungan pendidikan formal Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak berarti menyurutkan peranan guru sebagai tenaga pengajar sekaligus sebagai pendidik malahan tanggungjawab dan peran guru akan semakin besar Kehebatan penemuan hasil hasil teknologi khususnya teknologi informatika dan komunikasi yang dapat memudahkan setiap orang untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi pada hakikatnya peran guru tidak dapat tergantikan Justru penemuan hasil hasil teknologi tersebut akan menambah beban tugas dan tanggung jawab guru Demikian juga halnya ledakan ilmu pengetahuan menuntut guru untuk secara terus menerus memperbaharui meng up date pengetahuannya melalui kegiatan kegiatan ilmiah sehingga peran guru bukan hanya sebagai sumber informasi semata akan tetapi juga sekaligus sebagai peneliti Dan melalui perannya itulah diharapkan guru dapat menemukan dan memberikan informasi dan pengetahuan yang benar benar memiliki nilai guna untuk memenuhi kebutuhan peserta didiknya sebagai generasi bangsa yang dapat diandalkan