Logo Bacabuku
Model Pembelajaran Inovatif

Model Pembelajaran Inovatif

Drs. Daryanto
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis dan komprehensif bagi para pendidik dan calon pendidik dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar serta kemampuan belajar mandiri. Buku ini dirancang untuk memberikan wawasan dan strategi efektif dalam mengelola pembelajaran, baik di dalam kelas maupun di luar kelas, sehingga dapat meningkatkan partisipasi siswa, kreativitas, serta pemahaman konsep secara mendalam. Dalam buku ini, disajikan berbagai model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar, seperti *Lesson Study*, yang merupakan pendekatan kolaboratif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui refleksi dan tindak lanjut yang terstruktur. Selain itu, buku ini juga membahas cara belajar mandiri yang efektif, termasuk pengaturan waktu belajar, penggunaan perpustakaan, dan teknik menghafal serta mengulang materi pelajaran. Buku ini juga menyajikan berbagai kiat belajar di sekolah, seperti cara memanfaatkan waktu istirahat, aktif dalam kelompok belajar, dan cara mengikuti kuliah secara optimal. Dengan berbagai topik yang relevan dan praktis, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pendidik dan siswa dalam meningkatkan kualitas belajar dan mengajar.

Sinopsis ebook

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakannya oleh sebab itu guru harus memikirkan dan membuat perencanaan secara seksama dalam meningkatkan kesempatan belajar bagi siswanya dan memperbaiki kualitas mengajarnya Hal ini menuntut perubahan dalam pengorganisasian kelas penggunaan metode mengajar strategi belajar mengajar maupun sikap dan kerakteristik guru dalam mengelola proses belajar mengajar Guru berperan sebagai pengelola proses belajar mengajar bertindak selaku fasilitator yang berusaha menciptakan kondisi belajar mengajar mengembangkan bahan pelajaran dengan baik dan meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak pelajaran dan menguasai tujuan tujuan pendidikan yang harus mereka capai Untuk memenuhi hal tersebut di atas guru dituntut mampu mengelola proses belajar mengajar yang memberikan rangsangan kepada siswa sehingga ia mau belajar karena memang siswalah subjek utama dalam belajar Jika guru memahami persyaratan kognitif dan ciri ciri sikap yang diperlukan untuk belajar seperti minat dan konsep diri pada diri siswa siswanya dapat diharapkan sebagian terbesar siswa akan dapat mencapai taraf penguasaan yang lebih baik oleh sebab itu hendaknya guru mampu menyesuaikan proses belajar mengajar dengan kebutuhan kebutuhan siswa secara individual tanpa harus mengajar siswa secara individual Kegiatan pembelajaran terutama dalam tahap perencanaan prinsip prinsip pembelajaran dapat memberikan batas batas yang memungkinkan bagi guru dalam proses pelaksanaannya Pengetahuan tentang teori dan prinsip prinsip pembelajaran dapat memberikan kemudahan bagi guru dalam memilih tindakan pada saat proses pembelajaran berlangsung Dengan mengetahui prinsip prinsip pembelajaran guru memiliki sikap dan mampu mengembangkannya dalam rangka peningkatan kualitas belajar siswa

Detail Buku

Jumlah Halaman 256
Kategori Pendidikan
Penerbit Gava Media
Tahun Terbit 2012
ISBN 978-602-8545-65-5
eISBN 978-602-5568-03-2
Model Pembelajaran Inovatif

Model Pembelajaran Inovatif

Drs. Daryanto