Seri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 3 Identitas Diri Moral sebagai Tujuan Pendidikan Daniel K Lapsley University of Notre Dame PENDAHULUAN Ambisi yang dimiliki kebanyakan orang tua terhadap anak anak mereka biasanya mencakup perkembangan watak moral yang penting Kebanyakan orang tua ingin membesarkan anak anak untuk menjadi orang jenis tertentu orang yang memiliki sifat sifat yang diinginkan dan patut dipuji yang kepribadiannya dikarunia dengan pedoman etika yang kuat Dalam situasi pilihan yang menentukan kita berharap bahwa anak anak kita melakukan hal yang benar karena alasan yang tepat bahkan ketika dihadapkan dengan kecenderungan yang kuat untuk melakukan hal yang sebaliknya Terlebih lagi agenagen sosialisasi dan lembaga lembaga lainnya mempunyai tujuan yang sama Misalnya pembentukan moral anak merupakan salah satu tujuan dasar dari pendidikan formal Dewey 1909 Bryk 1988 Goodlad 1992 Goodman Lesnick 2001 McClellan 1999 Strike bab 7 buku ini dan ada pengakuan yang meningkat bahwa lingkungan dan masyarakat memainkan peran penting untuk memasukkan ke dalam diri anak norma norma moral dan norma norma kemasyarakatan yang mengatur kehidupan sosial manusia Eccles Gootman 2002 Flanagan Cumsille Gill Gallay 2007 Lies dkk dalam buku ini Namun bagaimana kita memahami dimensi moral kepribadian Bila aspirasi kita adalah untuk membesarkan anak anak menjadi jenis tertentu apa artinya ini Secara historis karya ilmuwan perkembangan dan pendidikan telah mengerucut pada dua pilihan Satu pilihan mengambil sumber sumber Aristoteles dengan menegaskan bahwa pembentukan moral adalah masalahSeri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 3 Identitas Diri Moral sebagai Tujuan Pendidikan Daniel K Lapsley University of Notre Dame PENDAHULUAN Ambisi yang dimiliki kebanyakan orang tua terhadap anak anak mereka biasanya mencakup perkembangan watak moral yang penting Kebanyakan orang tua ingin membesarkan anak anak untuk menjadi orang jenis tertentu ...orang yang memiliki sifat sifat yang diinginkan dan patut dipuji yang kepribadiannya dikarunia dengan pedoman etika yang kuat Dalam situasi pilihan yang menentukan kita berharap bahwa anak anak kita melakukan hal yang benar karena alasan yang tepat bahkan ketika dihadapkan dengan kecenderungan yang kuat untuk melakukan hal yang sebaliknya Terlebih lagi agenagen sosialisasi dan lembaga lembaga lainnya mempunyai tujuan yang sama Misalnya pembentukan moral anak merupakan salah satu tujuan dasar dari pendidikan formal Dewey 1909 Bryk 1988 Goodlad 1992 Goodman Lesnick 2001 McClellan 1999 Strike bab 7 buku ini dan ada pengakuan yang meningkat bahwa lingkungan dan masyarakat memainkan peran penting untuk memasukkan ke dalam diri anak norma norma moral dan norma norma kemasyarakatan yang mengatur kehidupan sosial manusia Eccles Gootman 2002 Flanagan Cumsille Gill Gallay 2007 Lies dkk dalam buku ini Namun bagaimana kita memahami dimensi moral kepribadian Bila aspirasi kita adalah untuk membesarkan anak anak menjadi jenis tertentu apa artinya ini Secara historis karya ilmuwan perkembangan dan pendidikan telah mengerucut pada dua pilihan Satu pilihan mengambil sumber sumber Aristoteles dengan menegaskan bahwa pembentukan moral adalah masalah