Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil pemikiran, penelitian, dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan oleh penulis, Heru Kurniawan. Buku ini bertujuan untuk menjawab tantangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang sering dianggap membosankan, kaku, dan tidak kreatif. Penulis mengusulkan pendekatan pembelajaran kreatif yang lebih menarik, menyenangkan, dan efektif, sehingga mampu meningkatkan keterampilan berbahasa, khususnya dalam kegiatan membaca dan menulis, yang selama ini dianggap sulit dan menakutkan oleh banyak siswa dan mahasiswa. Buku ini menyajikan enam topik utama yang menjadi penekanan dalam pembelajaran kreatif bahasa Indonesia, yaitu: 1. Bagaimana memahami dan mengembangkan pembelajaran kreatif bahasa Indonesia sebagai alternatif dari pendekatan konvensional. 2. Bagaimana merencanakan pembelajaran kreatif bahasa Indonesia yang menyenangkan. 3. Bagaimana melaksanakan pembelajaran kreatif bahasa Indonesia secara efektif. 4. Bagaimana melakukan penilaian yang tepat dalam pembelajaran kreatif. 5. Bagaimana mengimplementasikan pembelajaran kreatif bahasa Indonesia dalam praktik pembelajaran di kelas. Dengan konsep yang jelas dan mudah dipahami, buku ini dirancang untuk menjadi pegangan praktis bagi guru, dosen, dan mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran bahasa Indonesia yang kreatif, berorientasi pada hasil karya intelektual dan kreasi-performasi. Buku ini juga menyertakan kutipan hukum terkait pelanggaran hak cipta, sebagai bagian dari pembelajaran yang bertanggung jawab terhadap penggunaan karya cipta.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil pemikiran, penelitian, dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan oleh penulis, Heru Kurniawan. Buku ini bertujuan untuk menjawab tantangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang sering dianggap membosankan, kaku, dan tidak kreatif. Penulis mengusulkan pendekatan pembelajaran kreatif yang lebih menarik, menyenangkan, dan efektif, sehingga mampu meningkatkan keterampilan berbahasa, khususnya dalam kegiatan membaca dan menulis, yang selama ini dianggap sulit dan menakutkan oleh banyak siswa dan mahasiswa. Buku ini menyajikan enam topik utama yang menjadi penekanan dalam pembelajaran kreatif bahasa Indonesia, yaitu: 1. Bagaimana memahami dan mengembangkan pembelajaran kreatif bahasa Indonesia sebagai alternatif dari pendekatan konvensional. 2. Bagaimana merencanakan pembelajaran kreatif bahasa Indonesia yang menyenangkan. 3. Bagaimana melaksanakan pembelajaran kreatif bahasa Indonesia secara efektif. 4. Bagaimana melakukan penilaian yang tepat dalam pembelajaran kreatif. 5. Bagaimana mengimplementasikan pembelajaran kreatif bahasa Indonesia dalam praktik pembelajaran di kelas. Dengan konsep yang jelas dan mudah dipahami, buku ini dirancang untuk menjadi pegangan praktis bagi guru, dosen, dan mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran bahasa Indonesia yang kreatif, berorientasi pada hasil karya intelektual dan kreasi-performasi. Buku ini juga menyertakan kutipan hukum terkait pelanggaran hak cipta, sebagai bagian dari pembelajaran yang bertanggung jawab terhadap penggunaan karya cipta.
Jumlah Halaman | 208 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-1186-44-2 |
eISBN | 978-623-218-232-5 |