Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, khususnya pada usia Sekolah Dasar (SD). Penulis menjelaskan konsep pertumbuhan sebagai perubahan kuantitatif pada tubuh manusia, sementara perkembangan mengacu pada perubahan kualitatif yang terjadi dalam kemampuan dan kebiasaan anak. Dalam buku ini, juga dibahas konsep kematangan sebagai bagian penting dalam proses perkembangan, serta prinsip-prinsip yang mendasari perkembangan anak, seperti kontinuitas dan diskontinuitas. Selain itu, buku ini menjelaskan berbagai teori perkembangan anak yang terkenal, seperti teori psikoanalisis oleh Sigmund Freud, teori psikososial oleh Erikson, dan teori kognitif oleh Jean Piaget. Buku ini juga menyoroti tugas perkembangan anak usia SD dan praktik-praktik pendidikan yang dapat mendukung anak dalam mencapai tugas perkembangan tersebut. Buku ini juga mengeksplorasi aspek-aspek perkembangan fisik, kognitif, kreativitas, sosial, dan emosional anak usia SD. Penulis menjelaskan hakikat dan faktor-faktor yang mempengaruhi setiap aspek perkembangan tersebut, serta upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan potensi anak secara optimal. Dengan penjelasan yang jelas dan terstruktur, buku ini menjadi referensi yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa, guru, dan praktisi pendidikan jenjang SD dalam memahami karakteristik peserta didik dan merancang pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak usia SD.
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua konsep yang sebenarnya berbeda walau terkadang banyak orang yang bingung karena tidak bisa membedakannya keduanya Hal ini dikarenakan pembahasan tentang pertumbuhan akan berkaitan dengan perkembangan Meskipun berbeda istilah ini memiliki keterhubungan keduanya seiring sejalan dalam menyertai tumbuh kembang anak dalam jangka waktu tertentu
Jumlah Halaman | 126 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-6841-77-8 |
eISBN | proses |