Sinopsis Buku: Buku ini menghadirkan konsep *Virtual Laboratory* sebagai model alternatif dalam pembelajaran sains, khususnya dalam bidang Fisika. Dalam konteks perkembangan *Industry 4.0*, penguasaan konsep sains menjadi semakin penting, sehingga perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran untuk memastikan peserta didik mampu memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep tersebut secara efektif dan efisien. Buku ini menjelaskan tentang pengertian, manfaat, dan pemilihan media pembelajaran berbasis komputer, termasuk jenis-jenis multimedia pembelajaran dan penerapannya dalam pembelajaran Fisika. Model laboratorium virtual dirancang untuk menjadi alat yang mampu mengubah konsep-konsep abstrak menjadi konkret melalui visualisasi statis maupun dinamis, sehingga meningkatkan daya tarik dan motivasi belajar siswa. Selain itu, buku ini juga membahas tentang motivasi belajar, pengertian, prinsip, indikator, serta fungsi motivasi dalam proses pembelajaran. Dengan memahami aspek motivasi, guru diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendorong siswa untuk lebih aktif, kreatif, dan bersemangat dalam mempelajari mata pelajaran Fisika. Hasil belajar menjadi salah satu aspek penting yang dijelaskan dalam buku ini, termasuk definisi, penjabaran, dan hubungannya dengan model laboratorium virtual serta motivasi belajar. Dengan memahami hubungan antara model virtual laboratorium, motivasi belajar, dan hasil belajar, para pendidik dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih terarah dan efektif. Buku ini juga menyajikan metode riset yang digunakan dalam penelitian, serta analisis data dan hasil penelitian yang mendukung penerapan model laboratorium virtual dalam pembelajaran. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi yang komprehensif bagi para pendidik, calon pendidik, dan pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran sains di era *Industry 4.0*.
Pembahasan dalam buku ini terkait pada Model Laboratorium Virtual sebagai Alternatife Pembelajaran Dalam buku ini lebih menyederhanakan kosa kata dalam membantu memahami materi pembelajaran sehingga dapat dengan mudah dalam membantu proses pembelajaran
Jumlah Halaman | 56 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-495-068-7 |
eISBN | proses |