PERILAKU MENGGANGGU DI SEKOLAH Pendahuluan Kemampuan mengenali mengoreksi dan bahkan mencegah gangguan belajar akibat perilaku yang tidak sepantasnya dari sebagian siswa sangatlah penting bagi guru Ketidakmampuan melakukannya juga memiliki implikasi bagi siswa baik siswa yang mengganggu yang berada di dekatnya maupun siswa lain yang tidak mendapatkan pengajaran sewaktu guru sedang menangani siswa pengganggu Salah satu definisi dari perilaku disruptif atau mengganggu ialah perilaku yang terbukti tidak bisa ditolelir oleh guru Fontana 1995 hlm 354 Definisi ini sepertinya memang agak sederhana namun ini menekankan fakta bahwa gurulah yang memutuskan apakah suatu perilaku itu mengganggu disruptif ataukah tidak mengganggu pembelajaran di kelas Akan tetapi perlu diingat bahwa perilaku mengganggu hanyalah satu aspek dari dinamika kelas dan harus selalu dilihat dari konteksnya Sedikit sekali siswa yang secara sengaja mengganggu pelajaran dan banyak sekali perilaku mengganggu 1PERILAKU MENGGANGGU DI SEKOLAH Pendahuluan Kemampuan mengenali mengoreksi dan bahkan mencegah gangguan belajar akibat perilaku yang tidak sepantasnya dari sebagian siswa sangatlah penting bagi guru Ketidakmampuan melakukannya juga memiliki implikasi bagi siswa baik siswa yang mengganggu yang berada di dekatnya maupun siswa lain yang tidak mendapatkan pengajaran sewaktu guru sedang menangani ...siswa pengganggu Salah satu definisi dari perilaku disruptif atau mengganggu ialah perilaku yang terbukti tidak bisa ditolelir oleh guru Fontana 1995 hlm 354 Definisi ini sepertinya memang agak sederhana namun ini menekankan fakta bahwa gurulah yang memutuskan apakah suatu perilaku itu mengganggu disruptif ataukah tidak mengganggu pembelajaran di kelas Akan tetapi perlu diingat bahwa perilaku mengganggu hanyalah satu aspek dari dinamika kelas dan harus selalu dilihat dari konteksnya Sedikit sekali siswa yang secara sengaja mengganggu pelajaran dan banyak sekali perilaku mengganggu 1