Persiapan dan pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 terutama di SD MI hingga kini masih sangat memprihatinkan Faktanya terutama para guru SD MI masih banyak mengalami kesulitan dalam melaksanakan implementasi kurikulum baru tersebut Salah satu faktor kesulitan terbesarnya yaitu penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP TematikTerpadu Persoalan yang sama juga dihadapi di kalangan dosen pengajar dan mahasiswa semester akhir di LPTK Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Prodi PGSD PGMI baik di Perguruan Tinggi Umum eks IKIP maupun di Perguruan Tinggi Agama Islam eks IAIN Para mahasiswa mengeluhkan sulitnya menyusun RPP Tematik Terpadu terutama ketika pelaksanaan mata kuliah Microteaching ataupun Praktik Pengalaman Lapangan PPL I dan II Berdasarkan pertimbangan teknis akademis tersebut penulis buku ini dengan pengalaman pelatihan training studi referensi dan berdasarkan kebijakan terbaru mengenai pelaksanaan Kurikulum 2013 untuk SD MI menyusun buku pegangan penting ini untuk merespons kekosongan referensi tentang implementasi Kurikulum 2013 khususnya penyusunan RPP Tematik Terpadu Substansi isi penting buku pegangan utama dalam menyusun RPP Tematik Terpadu sebagai implementasi Kurikulum 2013 untuk SD MI ini membahas antara lain 1 Kurikulum 2013 dan desain baru rencana pembelajaran 2 Menulis identitas rencana pelaksanaan pembelajaran RPP 3 Kompetensi inti 4 Kompetensi dasar 5 Mengembangkan indikator 6 Menyusun tujuan pembelajaran 7 Menyusun materi pembelajaran 8 Menentukan pendekatan model strategi metode dan teknik pembelajaran 9 Pemilihan media pembelajaran alat dan sumber belajar dan alat peraga 10 Menyusun langkah langkah pembelajaran dalam RPP Tematik Terpadu 11 Merancang penilaian autentik serta 12 Pengesahan rencana pelaksanaan pembelajaran RPP Persiapan dan pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 terutama di SD MI hingga kini masih sangat memprihatinkan Faktanya terutama para guru SD MI masih banyak mengalami kesulitan dalam melaksanakan implementasi kurikulum baru tersebut Salah satu faktor kesulitan terbesarnya yaitu penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP TematikTerpadu Persoalan yang sama juga dihadapi di kalangan dosen ...pengajar dan mahasiswa semester akhir di LPTK Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Prodi PGSD PGMI baik di Perguruan Tinggi Umum eks IKIP maupun di Perguruan Tinggi Agama Islam eks IAIN Para mahasiswa mengeluhkan sulitnya menyusun RPP Tematik Terpadu terutama ketika pelaksanaan mata kuliah Microteaching ataupun Praktik Pengalaman Lapangan PPL I dan II Berdasarkan pertimbangan teknis akademis tersebut penulis buku ini dengan pengalaman pelatihan training studi referensi dan berdasarkan kebijakan terbaru mengenai pelaksanaan Kurikulum 2013 untuk SD MI menyusun buku pegangan penting ini untuk merespons kekosongan referensi tentang implementasi Kurikulum 2013 khususnya penyusunan RPP Tematik Terpadu Substansi isi penting buku pegangan utama dalam menyusun RPP Tematik Terpadu sebagai implementasi Kurikulum 2013 untuk SD MI ini membahas antara lain 1 Kurikulum 2013 dan desain baru rencana pembelajaran 2 Menulis identitas rencana pelaksanaan pembelajaran RPP 3 Kompetensi inti 4 Kompetensi dasar 5 Mengembangkan indikator 6 Menyusun tujuan pembelajaran 7 Menyusun materi pembelajaran 8 Menentukan pendekatan model strategi metode dan teknik pembelajaran 9 Pemilihan media pembelajaran alat dan sumber belajar dan alat peraga 10 Menyusun langkah langkah pembelajaran dalam RPP Tematik Terpadu 11 Merancang penilaian autentik serta 12 Pengesahan rencana pelaksanaan pembelajaran RPP