Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dasar etika profesi guru, menggali makna dan hubungan antara etika, akhlak, dan moral dalam konteks profesi pendidikan. Di dalamnya, dibahas pula hakikat profesi guru, kualifikasi akademik, hak dan kewajiban, serta tugas dan tanggung jawab seorang guru dalam lingkungan pendidikan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang kode etik guru, fungsi, tujuan, dan sanksi pelanggaran kode etik yang berlaku di Indonesia. Buku ini tidak hanya mengeksplorasi aspek profesionalisme guru, seperti sikap dan perilaku yang diharapkan dari seorang pendidik, tetapi juga membahas ragam kepribadian yang dianggap sebagai ciri utama seorang guru profesional, seperti disiplin, jujur, adil, berakhlak mulia, teladan, berwibawa, dan memiliki rasa percaya diri. Selain itu, buku ini juga menjelaskan kompetensi guru, termasuk konsep dan standar kompetensi guru profesional. Selain itu, buku ini juga membahas pentingnya bahasa dan norma kesantunan dalam pendidikan, serta hubungan antara bahasa santun dengan nilai-nilai budaya dalam konteks pembelajaran. Buku ini juga menyertakan informasi mengenai hak cipta, termasuk fungsi, sifat, pembatasan pelindungan, dan sanksi pelanggaran hak cipta, khususnya dalam konteks penggunaan karya cipta dalam pendidikan dan penelitian. Dengan materi yang terstruktur dan komprehensif, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, calon guru, dan semua pihak yang tertarik memahami dan menerapkan etika profesi guru dalam praktik pendidikan.
Profesi hanya dapat memperoleh kepercayaan dari masyarakat apabila dalam diri para elite profesional tersebut ada kesadaran kuat untuk mengindahkan etika profesi pada saat mereka ingin memberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakat yang memerlukannya Etika profesi guru menciptakan iklim kinerja profesional dalam upaya mengoperasionalkan strategi yang mengakomodasi tugas utama guru sesuai Undang undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Meletakan sumber daya manusia sekolah madrasah terutama guru dengan paradigma pelayanan prima pendidikan etos kerja profesional membekali para guru dengan kompetensi pengetahuan keterampilan dan perilaku secara individual individual skill maupun sinergi dalam integritas program pelayanan prima sekolah madrasah adalah upaya membangun brand sekolah madrasah sekaligus citra pendidikan secara nasional Sudah semestinya secara terstruktur sekolah madrasah berbasis pelayanan prima dengan pengamalan etika profesi guru dan terus menerus melakukan peningkatan profesionalitas untuk kemajuan pendidikan secara umum Pokok bahasan yang dimuat di dalam buku ini antara lain Bab 1 Konsep Dasar Etika Profesi Bab II Profesi Guru Bab III Hakikat Guru Bab IV Kode Etik Guru Bab V Kompetensi Guru Bab Vi Ciri Ciri Guru Profesional Bab Vii Ragam Kepribadian Guru Bab Viii Bahasa Dan Norma Kesantunan Dalam Pendidikan
Jumlah Halaman | 136 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-02-1242-0 |
eISBN | 978-623-02-1428-8 |