Sinopsis Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS Buku ini merupakan panduan lengkap dan terstruktur dalam memahami konsep, fungsi, serta penerapan bahan dan media pembelajaran dalam konteks Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Buku ini dirancang untuk membekali mahasiswa dan praktisi PLS dengan pengetahuan yang mendalam mengenai hak cipta, sanksi pelanggaran, serta pentingnya penggunaan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran berbasis kompetensi. Buku ini mencakup berbagai bab yang saling terkait, mulai dari pengertian dan fungsi media pembelajaran, jenis-jenis media, serta prinsip-prinsip pemilihan bahan dan media. Selain itu, juga dijelaskan tentang pemilihan buku ajar yang relevan, langkah-langkah pemilihan, dan kriteria umum dalam memilih media pembelajaran. Bab khusus juga membahas tentang media audio visual, faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaannya, serta kelebihan dan kekurangan berbagai jenis media pembelajaran. Selain itu, buku ini juga menyertakan informasi mengenai UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, fungsi dan sifat hak cipta, serta pembatasan pelindungan hak cipta. Penjelasan ini sangat relevan dalam konteks penggunaan bahan dan media pembelajaran secara legal dan etis. Dengan struktur yang jelas dan penyajian yang mudah dipahami, buku ini menjadi sumber acuan yang sangat bermanfaat bagi para pembelajar, pengajar, dan praktisi PLS dalam merancang dan menerapkan pembelajaran yang efektif dan inovatif.
Secara umum fungsi kurikulum adalah sebagai alat untuk membantu peserta didik untuk mengembangkan pribadinya ke arah tujuan pendidikan Kurikulum itu segala aspek yang mempengaruhi peserta didik di sekolah termasuk guru dan sarana serta prasarana lainnya Kurikulum sebagai program belajar bagi siswa disusun secara sistematis dan logis diberikan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan Sebagai program belajar kurikulum adalah niat rencana dan harapan Menurut Alexander Inglis fungsi kurikulum meliputi 1 Fungsi Penyesuaian karena individu hidup dalam lingkungan sedangkan lingkungan tersebut senantiasa berubah dan dinamis maka setiap individu harus mampu menyesuaikan diri secara dinamis Dan di balik lingkungan pun harus disesuaikan dengan kondisi perorangan disinilah letak fungsi kurikulum sebagai alat pendidikan menuju individu yang well adjusted 2 Fungsi Integrasi kurikulum berfungsi mendidik pribadi pribadi yang terintegrasi Oleh karena individu itu sendiri merupakan bagian integral dari masyarakat maka pribadi yang terintegrasi itu akan memberikan sumbangan dalam rangka pembentukan atau pengintegrasian masyarakat 3 Fungsi Deferensiasi kurikulum perlu memberikan pelayanan terhadap perbedaan perbedaan perorangan dalam masyarakat Pada dasarnya deferensiasi akan mendorong orang berpikir kritis dan kreatif dan ini akan mendorong kemajuan sosial dalam masyarakat 4 Fungsi Persiapan kurikulum berfungsi mempersiapkan siswa agar mampu melanjutkan studi lebih lanjut untuk jangkauan yang lebih jauh atau terjun ke masyarakat Mempersiapkan kemampuan sangat perlu karena sekolah tidak mungkin memberikan semua apa yang diperlukan atau semua apa yang menarik minat mereka 5 Fungsi Pemilihan antara keperbedaan dan pemilihan mempunyai hubungan yang erat Pengakuan atas perbedaan berarti pula diberikan kesempatan bagi seseorang untuk memilih apa yang dinginkan dan menarik minatnya Ini merupakan kebutuhan yang sangat ideal bagi masyarakat yang demokratis sehingga kurikulum perlu diprogram secara fleksibel 6 Fungsi Diagnostik salah satu segi pelayanan pendidikan adalah membantu dan mengarahkan para siswa agar mampu memahami dan menerima dirinya sehingga dapat mengembangkan semua potensi yang dimiliki Hal ini dapat dilakukan bila mereka menyadari semua kelemahan dan kekuatan yang dimiliki melalui eksplorasi dan prognosa Fungsi kurikulum dalam mendiagnosa dan membimbing siswa agar dapat mengembangkan potensi siswa secara optimal Sedangkan fungsi praksis dari kurikulum adalah meliputi 1 Fungsi bagi sekolah yang bersangkutan yakni sebagai alat untuk mencapai tujuan tujuan pendidikan yang diinginkan dan sebagai pedoman dalam mengatur kegiatan pendidikan sehari hari 2 Fungsi bagi sekolah yang diatasnya adalah untuk menjamin adanya pemeliharaan keseimbangan proses pendidikan 3 Fungsi bagi masyarakat dan pemakai lulusan
Jumlah Halaman | 89 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-453-351-9 |
eISBN | 978-602-453-531-5 |