Rumah Sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan memiliki peran yang strategis dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia Terwujudnya keadaan sehat merupakan keinginan semua pihak tidak hanya manusia sebagai individu tetapi juga oleh keluarga kelompok mau pun masyarakat yang lebih luas Untuk dapat mewujudkan keadaan tersebut banyak hal yang perlu dilakukan salah satu diantaranya adalah menyelenggarakan pelayanan kesehatan Menyadari bahwa pelayanan kesehatan merupakan suatu upaya yang harus dilakukan secara menyeluruh dan terpadu maka pendekatan yang digunakan harus memperhatikan berbagai aspek kehidupan dari para pemakai jasa pelayanan kesehatan itu sendiri Karakteristik budaya yang bervariasi baik pasien maupun perawat atau pemberi pelayanan ke sehatan lain membuat permasalahan menjadi semakin kompleks Sebagai dampaknya adalah perlunya upaya upaya yang dilaku kan guna mempersiapkan sumber sumber yang ada agar dapat menjawab tantangan tantangan tersebut terutama yang terkait dengan sumber daya manusia yang bekerja di sarana pelayanan kesehatan yang salah satunya adalah perawat Tenaga kepe rawatan merupakan tenaga mayoritas di rumah sakit yang harus selalu siap untuk membantu klien pasien setiap saat Perawat bekerja selama dua puluh empat jam perhari dan tujuh hari dalam seminggu secara berkesinambungan untuk memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif dan professional Oleh karena itu baik buruknya sebuah rumah sakit sering dinilai dari penampilan v tenaga keperawatannya Departemen Kesehatan Republik Indo nesia 1994 Untuk dapat membantu dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan perawat khususnya dalam pengambilan keputusan banyak hal yang dapat dilakukan Salah satu diantaranya yang diperkirakan cukup penting adalah tersedianya buku bacaan yang sesuai dengan kondisi dan situasi di Indonesia tanpa mengabaikan perkembangan yang ada di negara lain Dalam buku ini diperke nalkan tentang konsep pengambilan keputusan dalam keperawatan dan aplikasinya dilahan praktik yang mencakup hal hal sebagai berikut 1 Proses dan model dalam pengambilan keputusan 2 Model Pengorganisasian dalam pengambilan keputusan 3 Strategi Pengambilan Keputusan 4 Efek budaya dalam pengambilan keputusan 5 Pengambilan keputusan etik 6 Kepemimpinan 7 Aplikasi pengambilan keputusan di area keperawatan Kritis 8 Aplikasi pengambilan keputusan di area keperawatan Onkologi 9 Aplikasi pengambilan keputusan di area keperawatan Psikiatri 10 Aplikasi pengambilan keputusan di area keperawatan Rehabi litasi Dengan diterbitkannya buku ini penyusun berharap isi yang di sajikan kiranya dapat bermanfaat terutama bagi tenaga keperawatan yang melakukan praktek pelayanan keperawatan di rumah sakit Kritik dan saran dari segenap pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan buku ini pada penerbitan yang akan datang Rumah Sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan memiliki peran yang strategis dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia Terwujudnya keadaan sehat merupakan keinginan semua pihak tidak hanya manusia sebagai individu tetapi juga oleh keluarga kelompok mau pun masyarakat yang lebih luas Untuk dapat mewujudkan keadaan tersebut banyak hal yang ...perlu dilakukan salah satu diantaranya adalah menyelenggarakan pelayanan kesehatan Menyadari bahwa pelayanan kesehatan merupakan suatu upaya yang harus dilakukan secara menyeluruh dan terpadu maka pendekatan yang digunakan harus memperhatikan berbagai aspek kehidupan dari para pemakai jasa pelayanan kesehatan itu sendiri Karakteristik budaya yang bervariasi baik pasien maupun perawat atau pemberi pelayanan ke sehatan lain membuat permasalahan menjadi semakin kompleks Sebagai dampaknya adalah perlunya upaya upaya yang dilaku kan guna mempersiapkan sumber sumber yang ada agar dapat menjawab tantangan tantangan tersebut terutama yang terkait dengan sumber daya manusia yang bekerja di sarana pelayanan kesehatan yang salah satunya adalah perawat Tenaga kepe rawatan merupakan tenaga mayoritas di rumah sakit yang harus selalu siap untuk membantu klien pasien setiap saat Perawat bekerja selama dua puluh empat jam perhari dan tujuh hari dalam seminggu secara berkesinambungan untuk memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif dan professional Oleh karena itu baik buruknya sebuah rumah sakit sering dinilai dari penampilan v tenaga keperawatannya Departemen Kesehatan Republik Indo nesia 1994 Untuk dapat membantu dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan perawat khususnya dalam pengambilan keputusan banyak hal yang dapat dilakukan Salah satu diantaranya yang diperkirakan cukup penting adalah tersedianya buku bacaan yang sesuai dengan kondisi dan situasi di Indonesia tanpa mengabaikan perkembangan yang ada di negara lain Dalam buku ini diperke nalkan tentang konsep pengambilan keputusan dalam keperawatan dan aplikasinya dilahan praktik yang mencakup hal hal sebagai berikut 1 Proses dan model dalam pengambilan keputusan 2 Model Pengorganisasian dalam pengambilan keputusan 3 Strategi Pengambilan Keputusan 4 Efek budaya dalam pengambilan keputusan 5 Pengambilan keputusan etik 6 Kepemimpinan 7 Aplikasi pengambilan keputusan di area keperawatan Kritis 8 Aplikasi pengambilan keputusan di area keperawatan Onkologi 9 Aplikasi pengambilan keputusan di area keperawatan Psikiatri 10 Aplikasi pengambilan keputusan di area keperawatan Rehabi litasi Dengan diterbitkannya buku ini penyusun berharap isi yang di sajikan kiranya dapat bermanfaat terutama bagi tenaga keperawatan yang melakukan praktek pelayanan keperawatan di rumah sakit Kritik dan saran dari segenap pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan buku ini pada penerbitan yang akan datang