Keprofesionalan guru Pendidikan Agama Islam dapat dilihat pada dua aspek yaitu pertama memenuhi standar kualifikasi akademik memiliki empat kompetensi dan telah tersertifikasi dan kedua dari aspek kinerjanya Dari paparan di atas menunjuk kan adanya ketimpangan yang krusial antara harapan das solen institusi pendidikan dengan das sein realita di lapangan atas kinerja guru Pendidikan Agama Islam Profesionalitas guru secara umum memenui persyaratan secara formal bahkan di dalam proses belajar mengajar memiliki kelengkapan perangkat sesuai standar sebagaimana dalam petunjuk pelaksanaan Tupoksi guru Terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman guru terhadap simbol profesional sehingga hasil yang diharapkan tidak sepadan dengan kenyataanKeprofesionalan guru Pendidikan Agama Islam dapat dilihat pada dua aspek yaitu pertama memenuhi standar kualifikasi akademik memiliki empat kompetensi dan telah tersertifikasi dan kedua dari aspek kinerjanya Dari paparan di atas menunjuk kan adanya ketimpangan yang krusial antara harapan das solen institusi pendidikan dengan das sein realita di lapangan atas kinerja ...guru Pendidikan Agama Islam Profesionalitas guru secara umum memenui persyaratan secara formal bahkan di dalam proses belajar mengajar memiliki kelengkapan perangkat sesuai standar sebagaimana dalam petunjuk pelaksanaan Tupoksi guru Terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman guru terhadap simbol profesional sehingga hasil yang diharapkan tidak sepadan dengan kenyataan