45Revolusi industri 4 0 dengan segudang manfaat dan kecanggihannya menciptakan persaingan global yang semakin kompetitif Individu dituntut agar semakin kreatif dan inovatif serta menguasai berbagai keahlian Karenanya guna menciptakan individu individu yang berkualitas pendidikan wajib berbenah diri Salah satunya dengan merancang ulang redesain pembelajaran Dalam revolusi industri 4 0 pembelajaran ditempatkan sebagai interaksi antara peserta didik dan pendidik yang saling berkolaborasi melengkapi satu sama lain Pendidik membimbing mengarahkan dan membina potensi bakat dan minat peserta didik Pendidik dituntut memiliki keahlian dan keterampilan di bidang teknologi serta menguasai pengembangan pembelajaran berbasis digital Pendidikan Agama Islam PAI khususnya menjadi krusial menciptakan pembelajaran yang mampu mengakomodasi individu di era digital tanpa mengurangi nilai nilai keislaman dan kemanusiaan Berlandaskan pemikiran tersebut peran guru PAI di sekolah menjadi sorotan utama dalam buku ini Penulis menelusuri secara mendalam peranan guru PAI dalam meredesain pembelajaran Pendidikan Agama Islam guna menghadapi revolusi industri 4 0 di Sekolah Menengah Atas SMA Negeri Redesain pembelajaran dilakukan melalui teknik taktik pendekatan metode media dan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Buku ini merupakan sebuah respon dalam menyambut era industri digital 4 0 dengan harapan pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam terus berbenah diri demi meningkatkan kualitas hidup peserta didik yang beriman kompeten dan berakhlak mulia Semoga bermanfaat 45Revolusi industri 4 0 dengan segudang manfaat dan kecanggihannya menciptakan persaingan global yang semakin kompetitif Individu dituntut agar semakin kreatif dan inovatif serta menguasai berbagai keahlian Karenanya guna menciptakan individu individu yang berkualitas pendidikan wajib berbenah diri Salah satunya dengan merancang ulang redesain pembelajaran Dalam revolusi industri 4 0 pembelajaran ditempatkan ...sebagai interaksi antara peserta didik dan pendidik yang saling berkolaborasi melengkapi satu sama lain Pendidik membimbing mengarahkan dan membina potensi bakat dan minat peserta didik Pendidik dituntut memiliki keahlian dan keterampilan di bidang teknologi serta menguasai pengembangan pembelajaran berbasis digital Pendidikan Agama Islam PAI khususnya menjadi krusial menciptakan pembelajaran yang mampu mengakomodasi individu di era digital tanpa mengurangi nilai nilai keislaman dan kemanusiaan Berlandaskan pemikiran tersebut peran guru PAI di sekolah menjadi sorotan utama dalam buku ini Penulis menelusuri secara mendalam peranan guru PAI dalam meredesain pembelajaran Pendidikan Agama Islam guna menghadapi revolusi industri 4 0 di Sekolah Menengah Atas SMA Negeri Redesain pembelajaran dilakukan melalui teknik taktik pendekatan metode media dan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Buku ini merupakan sebuah respon dalam menyambut era industri digital 4 0 dengan harapan pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam terus berbenah diri demi meningkatkan kualitas hidup peserta didik yang beriman kompeten dan berakhlak mulia Semoga bermanfaat