Sinopsis Buku: Buku ini membahas implementasi program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun (Wajar Dikdas) pada pondok pesantren salafiyah, dengan pendekatan evaluasi berbasis model Countenance Stake. Model ini terdiri dari dua dasar kegiatan, yaitu *description* dan *judgement*, serta dibagi dalam tiga tahap program pendidikan: *antecedent* (pendahuluan), *transaction* (proses), dan *outcomes* (hasil). Penulis menjelaskan secara rinci bagaimana program Wajar Dikdas diaplikasikan dalam konteks pendidikan nonformal di pesantren, yang memiliki pengalaman unggul dalam penyelenggaraan pendidikan keagamaan. Buku ini juga berisi analisis terhadap pelaksanaan program tersebut di wilayah DKI Jakarta, dengan tujuan untuk memberikan masukan dan saran bagi penyelenggara program dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan dasar. Buku ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi pemangku kebijakan, khususnya dalam upaya memastikan akses dan kualitas pendidikan bagi peserta didik di lingkungan pesantren.
Buku ini difokuskan untuk mengevaluasi implementasi pelaksanaan program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun pada pondok pesantren salafiyah dengan menggunakan model evaluasi Countenance Stake yang terdiri dari dua dasar kegiatan dalam evaluasi yaitu descriptions dan judgement dan membedakannya ada tiga tahap program pendidikan yaitu antecedent pendahuluan transaction process dan outcomes hasil
Jumlah Halaman | 118 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bintang Pustaka Madani |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6372-95-1 |
eISBN | proses |