Sebuah paradigma yang keliru apabila pendidikan dimaknai sebagai aset untuk membentuk manusia agar dapat memenuhi tuntutan industrialisasi dan pasar ekonomi Pendidikan menurut fitrahnya sama sekali bukan pabrik produksi manusia untuk dapat menghasilkan tenaga tenaga produktif sesuai dengan cetakan yang diinginkan Proses pendidikan tidak seperti sedang membuat kue yang terlebih dahulu dimasukkan dalam cetakan agar mendapatkan bentuk yang diinginkan Lalu bilamana ada bentuk yang tidak sempurna kue tersebut disisihkan dan dibuang Proses pendidikan hampir seperti petani yang menanam bibit padi Bibit tersebut ditanam dengan memerhatikan kondisi kesuburan tanah dipupuk dibuangi gulma yang mengganggu dijaga dari hama dan seterusnya sehingga pada akhirnya nanti menghasilkan bulir bulir padi yang berisi Arti dari analogi di atas adalah pendidikan merupakan proses untuk menemani seorang anak tumbuh sesuai dengan fitrahnya menjaga dan merawat agar ia mampu berkembang menjadi seorang manusia yang dalam dirinya melekat sifat sifat manusiawi Dengan demikian dalam bahasa yang dituliskan oleh Driyarkara bahwa pendidikan adalah proses memanusiakan manusia muda Pendidikan bertujuan untuk menghasilkan manusia manusia yang mandiri berdaulat merdeka yang mampu menjalani perannya sebagai khalifah dunia dan makhluk ciptaan Allah Berdasarkan semangat untuk itulah pendidikan dan ilmu pengetahuan dikembangkan Berbagai pemikiran dan pencarian sumber sumber baru terus dilaksanakan Salah satu upaya yang dihasilkan adalah manajemen pendidikan Kiranya bidang ilmu apa pun muaranya ada pada satu tujuan yakni menghasilkan output anak didik yang manusiawi Sebuah paradigma yang keliru apabila pendidikan dimaknai sebagai aset untuk membentuk manusia agar dapat memenuhi tuntutan industrialisasi dan pasar ekonomi Pendidikan menurut fitrahnya sama sekali bukan pabrik produksi manusia untuk dapat menghasilkan tenaga tenaga produktif sesuai dengan cetakan yang diinginkan Proses pendidikan tidak seperti sedang membuat kue yang terlebih dahulu dimasukkan ...dalam cetakan agar mendapatkan bentuk yang diinginkan Lalu bilamana ada bentuk yang tidak sempurna kue tersebut disisihkan dan dibuang Proses pendidikan hampir seperti petani yang menanam bibit padi Bibit tersebut ditanam dengan memerhatikan kondisi kesuburan tanah dipupuk dibuangi gulma yang mengganggu dijaga dari hama dan seterusnya sehingga pada akhirnya nanti menghasilkan bulir bulir padi yang berisi Arti dari analogi di atas adalah pendidikan merupakan proses untuk menemani seorang anak tumbuh sesuai dengan fitrahnya menjaga dan merawat agar ia mampu berkembang menjadi seorang manusia yang dalam dirinya melekat sifat sifat manusiawi Dengan demikian dalam bahasa yang dituliskan oleh Driyarkara bahwa pendidikan adalah proses memanusiakan manusia muda Pendidikan bertujuan untuk menghasilkan manusia manusia yang mandiri berdaulat merdeka yang mampu menjalani perannya sebagai khalifah dunia dan makhluk ciptaan Allah Berdasarkan semangat untuk itulah pendidikan dan ilmu pengetahuan dikembangkan Berbagai pemikiran dan pencarian sumber sumber baru terus dilaksanakan Salah satu upaya yang dihasilkan adalah manajemen pendidikan Kiranya bidang ilmu apa pun muaranya ada pada satu tujuan yakni menghasilkan output anak didik yang manusiawi