Setiap manusia memiliki masalah dan permasalahannya sendiri tidak kenal usia waktu profesi jabatan ataupun status sosial Termasuk dalam profesi guru PAUD Banyak permasalahan yang muncul dalam dan sebagai hasil dari proses pembelajaran Meskipun guru terlah menyusun perencanaan pembelajaran sedemikian rupa dengan memilih metode terbaik dan media serta sumber belajar sesuai tujuan pembelajaran bukan berarti permasalahan dapat dihilangkan Uniknya sifat anak didik serta kemampuan yang berbeda menjadi tantangan bagi guru untuk memikirkan cara agar apa yang akan diberikan kepada anak dapat diterima dengan baik dan menghasilkan sebuah pengetahuan keterampilan serta sikap sebagaimana yang diharapkan Melakukan PTK sebagai bentuk penguasaan salah satu indikator dari kompetensi pedagogik guru menjadi solusi yang dapat diterapkan Buku Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis bagi Mahasiswa dan Guru ini hadir untuk membantu mahasiswa calon guru PAUD dan guru PAUD dalam memahami bagaimana melaksanakan PTK Setiap bagiannya disajikan dengan disertai contoh contoh yang membantu mahasiswa dan guru tidak hanya pada bagaimana menyusun proposal tetapi juga menyampaikan hasil dari penelitian Dengan melakukan PTK dengan cara cara yang benar maka guru PAUD bukan hanya dapat menyelesaikan masalah yang ada tetapi juga mampu memunculkan berbagai inovasi dan kreasi baik dalam metode pembelajaran media yang digunakan maupun interaksi yang sesuai dengan prinsip prinsip pembelajaran anak usia dini Setiap manusia memiliki masalah dan permasalahannya sendiri tidak kenal usia waktu profesi jabatan ataupun status sosial Termasuk dalam profesi guru PAUD Banyak permasalahan yang muncul dalam dan sebagai hasil dari proses pembelajaran Meskipun guru terlah menyusun perencanaan pembelajaran sedemikian rupa dengan memilih metode terbaik dan media serta sumber belajar sesuai tujuan ...pembelajaran bukan berarti permasalahan dapat dihilangkan Uniknya sifat anak didik serta kemampuan yang berbeda menjadi tantangan bagi guru untuk memikirkan cara agar apa yang akan diberikan kepada anak dapat diterima dengan baik dan menghasilkan sebuah pengetahuan keterampilan serta sikap sebagaimana yang diharapkan Melakukan PTK sebagai bentuk penguasaan salah satu indikator dari kompetensi pedagogik guru menjadi solusi yang dapat diterapkan Buku Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis bagi Mahasiswa dan Guru ini hadir untuk membantu mahasiswa calon guru PAUD dan guru PAUD dalam memahami bagaimana melaksanakan PTK Setiap bagiannya disajikan dengan disertai contoh contoh yang membantu mahasiswa dan guru tidak hanya pada bagaimana menyusun proposal tetapi juga menyampaikan hasil dari penelitian Dengan melakukan PTK dengan cara cara yang benar maka guru PAUD bukan hanya dapat menyelesaikan masalah yang ada tetapi juga mampu memunculkan berbagai inovasi dan kreasi baik dalam metode pembelajaran media yang digunakan maupun interaksi yang sesuai dengan prinsip prinsip pembelajaran anak usia dini