Pada era globalisasi sekarang ini memaksa perguruan tinggi untuk mulai memikirkan tentang tatakelola dan atribut atribut lain yang menunjukkan pentingnya menjaga eksistensi institusi dalam dunia yang berubah ini Perguruan tinggi bisa memiliki interpretasi masing masing tentang pedoman umum tersebut juga strategi implementasinya Dalam konteks ini tidak ada perbedaan substansial antara perguruan tinggi dengan institusi institusi di sektor bisnis atau pemerintahan Bedasarkan realita yang ada banyak perguruan tinggi yang belum memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mendayagunakan Teknologi informasi TI untuk menghadapi tantangan zaman Interaksi dengan TI masih dapat dikategorikan sebagai first encounter dengan teknologi ini TI masih sekedar dimanfaatkan sebagai alat otomasi belum di exercise untuk mendapatkan potensi maksimalnya Buku ini mencoba membahas kajian tentang faktor faktor yang terkait dengan pemanfaatan TI oleh perguruan tinggi di Indonesia perubahan tatanan global panduan dari pemerintah manajemen perguruan tinggi karakteristik TI praktek praktek terbaik best practices dalam implementasi TI dan praktek praktek pemanfaatan TI oleh perguruan tinggi Indonesia saat ini Buku ini terdiri atas dua 2 bagian Bagian Pertama berisi enamn 6 Bab yang menjelaskan tentang konsep konsep secara teoritis dari sistem informasi informasi pendidikan dan teknologi informasi Bagian kedua berisi sembilan 9 Bab yang menjelaskan hasil hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis selama ini dalam bidang sistem informasi pendidikan tinggi dan teknologi informasi Pada era globalisasi sekarang ini memaksa perguruan tinggi untuk mulai memikirkan tentang tatakelola dan atribut atribut lain yang menunjukkan pentingnya menjaga eksistensi institusi dalam dunia yang berubah ini Perguruan tinggi bisa memiliki interpretasi masing masing tentang pedoman umum tersebut juga strategi implementasinya Dalam konteks ini tidak ada perbedaan substansial antara perguruan ...tinggi dengan institusi institusi di sektor bisnis atau pemerintahan Bedasarkan realita yang ada banyak perguruan tinggi yang belum memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mendayagunakan Teknologi informasi TI untuk menghadapi tantangan zaman Interaksi dengan TI masih dapat dikategorikan sebagai first encounter dengan teknologi ini TI masih sekedar dimanfaatkan sebagai alat otomasi belum di exercise untuk mendapatkan potensi maksimalnya Buku ini mencoba membahas kajian tentang faktor faktor yang terkait dengan pemanfaatan TI oleh perguruan tinggi di Indonesia perubahan tatanan global panduan dari pemerintah manajemen perguruan tinggi karakteristik TI praktek praktek terbaik best practices dalam implementasi TI dan praktek praktek pemanfaatan TI oleh perguruan tinggi Indonesia saat ini Buku ini terdiri atas dua 2 bagian Bagian Pertama berisi enamn 6 Bab yang menjelaskan tentang konsep konsep secara teoritis dari sistem informasi informasi pendidikan dan teknologi informasi Bagian kedua berisi sembilan 9 Bab yang menjelaskan hasil hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis selama ini dalam bidang sistem informasi pendidikan tinggi dan teknologi informasi