Kajian dalam buku ini terdiri dari 12 bab yaitu 1 guru profesional dan upaya pembentukan peserta didik yang berkualitas 2 desain rencana pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan mengajar guru 3 interkoneksi kompetensi guru dengan peningkatan kualitas peserta didik 4 guru sebagai motivator dalam proses pembelajaran 5 teknik guru mengefektifkan metode pembelajaran upaya perwujudan peserta didik yang berkualitas 6 guru dan penerapan metode keteladanan dalam proses pembelajaran 7 peranan guru dalam upaya penerapan kedisiplinan bagi peserta didik di sekolah 8 interkoneksi kompetensi sosial guru dengan peningkatan kualitas peserta didik 9 peran guru dalam membangkitkan minat belajar peserta didik 10 komunikasi guru dan orang tua upaya perwujudan peserta didik berprestasi di sekolah 11 guru dan kegiatan evaluasi dalam proses pembelajaran peserta didik 12 guru dan pengelolaan tes dalam proses pembelajaran Kajian dalam buku ini terdiri dari 12 bab yaitu 1 guru profesional dan upaya pembentukan peserta didik yang berkualitas 2 desain rencana pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan mengajar guru 3 interkoneksi kompetensi guru dengan peningkatan kualitas peserta didik 4 guru sebagai motivator dalam proses pembelajaran 5 teknik guru mengefektifkan metode pembelajaran upaya ...perwujudan peserta didik yang berkualitas 6 guru dan penerapan metode keteladanan dalam proses pembelajaran 7 peranan guru dalam upaya penerapan kedisiplinan bagi peserta didik di sekolah 8 interkoneksi kompetensi sosial guru dengan peningkatan kualitas peserta didik 9 peran guru dalam membangkitkan minat belajar peserta didik 10 komunikasi guru dan orang tua upaya perwujudan peserta didik berprestasi di sekolah 11 guru dan kegiatan evaluasi dalam proses pembelajaran peserta didik 12 guru dan pengelolaan tes dalam proses pembelajaran