Seri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 21 What Works in Character Education Yang Diketahui dan Yang Perlu Diketahui Marvin W Berkowitz Victor A Battistich dan Melinda C Bier University of Missouri St Louis Ketika kita minum dari cangkir pengetahuan tentang efektivitas pendidikan karakter ada dua masalah terkait Pertama ada masalah setengah penuh setengah kosong Apakah kita minum dari setengah penuh atau setengah kosong Apakah kita dengan kata lain melihat masalah dengan penelitian di lapangan atau kita melihat tumpukan data tentang dampak pendidikan karakter Kedua melalui sedotan mana kita meminumnya Ada dua sedotan utama untuk dipilih sekarang dan sayangnya keduanya terlihat sangat mirip terutama karena keduanya memiliki nama yang sangat mirip What Works in Character Education dan What Works Clearinghouse Character Education Dalam bab ini kami akan membahas dua masalah ini serta masalah lain dalam upaya untuk lebih memahami apa yang dapat dan tidak dapat kita simpulkan tentang efektivitas pendidikan karakter yang didasarkan secara kumulatif pada 87 studi penelitian dari 45 program pendidikan karakter Tentu saja ada banyak studi kasus Dovre 2007 serta dukungan yang bersemangat dan kecaman yang juga bersemangat tentang pendidikan karakter Apa yang ingin kami selidiki adalah apa yang dapat diberikan penelitian ilmiah kepada kita tentang efektivitas tersebut Selain itu kami akan membahas apa yang masih perlu diketahui menyarankan beberapa studi penelitian yang harus dilakukan dan memberi catatan beberapa tinjauan literatur penelitian mendatang yang dapat memberi penjelasan tambahan pada masalah ini Seri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 21 What Works in Character Education Yang Diketahui dan Yang Perlu Diketahui Marvin W Berkowitz Victor A Battistich dan Melinda C Bier University of Missouri St Louis Ketika kita minum dari cangkir pengetahuan tentang efektivitas pendidikan karakter ada dua masalah terkait Pertama ada masalah ...setengah penuh setengah kosong Apakah kita minum dari setengah penuh atau setengah kosong Apakah kita dengan kata lain melihat masalah dengan penelitian di lapangan atau kita melihat tumpukan data tentang dampak pendidikan karakter Kedua melalui sedotan mana kita meminumnya Ada dua sedotan utama untuk dipilih sekarang dan sayangnya keduanya terlihat sangat mirip terutama karena keduanya memiliki nama yang sangat mirip What Works in Character Education dan What Works Clearinghouse Character Education Dalam bab ini kami akan membahas dua masalah ini serta masalah lain dalam upaya untuk lebih memahami apa yang dapat dan tidak dapat kita simpulkan tentang efektivitas pendidikan karakter yang didasarkan secara kumulatif pada 87 studi penelitian dari 45 program pendidikan karakter Tentu saja ada banyak studi kasus Dovre 2007 serta dukungan yang bersemangat dan kecaman yang juga bersemangat tentang pendidikan karakter Apa yang ingin kami selidiki adalah apa yang dapat diberikan penelitian ilmiah kepada kita tentang efektivitas tersebut Selain itu kami akan membahas apa yang masih perlu diketahui menyarankan beberapa studi penelitian yang harus dilakukan dan memberi catatan beberapa tinjauan literatur penelitian mendatang yang dapat memberi penjelasan tambahan pada masalah ini