Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam program pendidikan jenjang dasar dan menengah, terutama dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik serta meningkatkan aktivitas belajar mereka. Buku ini juga menjelaskan peran model pembelajaran dan media dalam proses pembelajaran IPS, yang sangat berpengaruh terhadap pemahaman dan minat peserta didik. Penulis menekankan bahwa IPS adalah hasil kombinasi dari berbagai disiplin ilmu seperti geografi, ekonomi, sejarah, antropologi, dan politik, yang diajarkan secara terpadu dengan pendekatan *broadfield*. Selain itu, buku ini menyajikan berbagai kiat sukses dalam membelajarkan IPS di sekolah dasar, termasuk pembuatan media pembelajaran sederhana, metode bermain sambil belajar, serta contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang praktis. Buku ini dilengkapi dengan penjelasan tentang penggunaan media *Kabarkaka* sebagai salah satu media yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS. Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan penulis sebagai guru kelas VI, dengan harapan dapat menjadi referensi bagi para guru dan pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di sekolah.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam program pendidikan jenjang dasar dan menengah, terutama dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik serta meningkatkan aktivitas belajar mereka. Buku ini juga menjelaskan peran model pembelajaran dan media dalam proses pembelajaran IPS, yang sangat berpengaruh terhadap pemahaman dan minat peserta didik. Penulis menekankan bahwa IPS adalah hasil kombinasi dari berbagai disiplin ilmu seperti geografi, ekonomi, sejarah, antropologi, dan politik, yang diajarkan secara terpadu dengan pendekatan *broadfield*. Selain itu, buku ini menyajikan berbagai kiat sukses dalam membelajarkan IPS di sekolah dasar, termasuk pembuatan media pembelajaran sederhana, metode bermain sambil belajar, serta contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang praktis. Buku ini dilengkapi dengan penjelasan tentang penggunaan media *Kabarkaka* sebagai salah satu media yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS. Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan penulis sebagai guru kelas VI, dengan harapan dapat menjadi referensi bagi para guru dan pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di sekolah.
Jumlah Halaman | 206 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-217-589-1 |
eISBN |