xii Interdependensi Sosial Karakter Moral Dan Pendidikan Moral Memperluas Kepentingan diri Menjadi Kepentingan Bersama 18 Sifat Pembelajaran Kooperatif 18 Kontroversi Konstruktif 20 Teori Kontroversi Konstruktif 20 Kontroversi Prosedur Pengajaran 21 Dampak Kontroversi pada Pendidikan Moral 22 Nilai 23 Mengambil Perspektif 23 Tingkat Penalaran Kognitif dan Moral 24 Pikiran yang Terbuka 25 Berlanjutnya Motivasi untuk Belajar 25 Hubungan Positif Di Antara Peserta Kontroversi 25 Menghargai Pembelajaran 25 Menghargai Diri Sendiri 26 Pelatihan Resolusi Konflik Mengajarkan Siswa Menjadi Pembawa Perdamaian 26 Negosiasi Pemecahan masalah 26 Mediasi Sebaya 27 Melaksanakan Program Pembawa Perdamaian 27 Pelatihan Resolusi Konflik dan Pendidikan Moral 28 Nilai 28 Menghargai Konflik 29 Keadilan dan Pemerataan 29 Pendidikan Moral dan Pembangunan Demokrasi 29 Mengakhiri Ketersendirian dan Keterasingan 32 Kesimpulan dan Panduan 32 Referensi 33xii Interdependensi Sosial Karakter Moral Dan Pendidikan Moral Memperluas Kepentingan diri Menjadi Kepentingan Bersama 18 Sifat Pembelajaran Kooperatif 18 Kontroversi Konstruktif ... 20 Teori Kontroversi Konstruktif 20 Kontroversi Prosedur Pengajaran 21 Dampak Kontroversi pada Pendidikan Moral 22 Nilai 23 Mengambil Perspektif 23 Tingkat Penalaran Kognitif dan Moral 24 Pikiran yang Terbuka 25 Berlanjutnya Motivasi untuk Belajar 25 Hubungan Positif Di Antara Peserta Kontroversi 25 Menghargai Pembelajaran 25 Menghargai Diri Sendiri 26 Pelatihan Resolusi Konflik Mengajarkan Siswa Menjadi Pembawa Perdamaian 26 Negosiasi Pemecahan masalah 26 Mediasi Sebaya 27 Melaksanakan Program Pembawa Perdamaian 27 Pelatihan Resolusi Konflik dan Pendidikan Moral 28 Nilai 28 Menghargai Konflik 29 Keadilan dan Pemerataan 29 Pendidikan Moral dan Pembangunan Demokrasi 29 Mengakhiri Ketersendirian dan Keterasingan 32 Kesimpulan dan Panduan 32 Referensi 33