PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Visi, Misi dan Orientasi Kurikulum Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) Tahun 2016 – 2020

PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Visi, Misi dan Orientasi Kurikulum Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) Tahun 2016 – 2020

Imam Machali; Zainal Arifin; Siti Nurhidayah; Miftahussaadah; Subiyantoro; Nur Rohmah

Telah di baca oleh 2 pemustaka, dengan total durasi baca 00:00:54

Deskripsi Buku

Perjalanan perubahan kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia pada Tahun 1994 melalui SK Mendiknas No 056 U 1995 tentang Kurikulum Nasional yang mengutamakan ketercapaian penguasaan IPTEKS oleh karenanya disebut sebagai Kurikulum Berbasis Isi Pada model kurikulum ini ditetapkan mata kuliah wajib nasional pada program studi yang ada Kemudian pada tahun 2000 atas amanah UNESCO melalui konsep the four pillars of education yaitu learning to know learning to do learning to be dan learning to live together Indonesia merekonstruksi konsep kurikulumnya dari berbasis isi ke Kurikulum Berbasis Kompetensi KBK Kurikulum era tahun 2000 2002 ini mengutamakan pencapaian kompetensi sebagai wujud usaha untuk mendekatkan pendidikan pada kondisi pasar kerja dan industri KBK ini berisi dua buah kurikulum yaitu kurikulum inti dan institusional Di dalam mengejawantahkan KBK ditetapkanlah kompetensi utama oleh asosiasi forum badan kerjasama program studi dan kompetensi pendukung dan lain yang ditetapkan oleh perguruan tinggi sendiri Dengan dorongan perkembangan global yang saat ini dituntut adanya pengakuan atas capaian pembelajaran yang telah disetarakan secara internasional dan dikembangkannya KKNI maka kurikulum semenjak tahun 2012 mengalami sedikit pergeseran dengan memberikan ukuran penyetaraan capaian pembelajarannya Kurikulum ini masih mendasarkan pada pencapaian kemampuan yang telah disetarakan untuk menjaga mutu lulusannya Kurikulum ini dikenal dengan nama Kurikulum Pendidikan Tinggi Sejak tahun 2000 paradigma pengembangkan kurikulum di Pendidikan Tinggi Indonesia telah mengalami perubahan Dimulai dengan diterbitkannya SK Mendiknas 232 U 2000 yang menyatakan penggantian kurikulum nasional dengan kurikulum inti dan institusional Pada tahun 2014 telah terbit aturan yang mengatur Standar Nasional Pendidikan Tinggi SN DIKTI berdasarkan Permendikbud no 49 tahun 2014 Pada beberapa dekade lalu sebelum tahun 2000 proses penyusunan kurikulum disusun berdasarkan tradisi 5 tahunan jenjang S1 atau 3 tahunan jenjang D3 yang selalu menandai berakhirnya tugas satu perangkat kurikulum Selain itu disebabkan pula oleh rencana strategis PT yang memuat visi dan misi PT juga telah berubah Sebagian besar alasan perubahan kurikulum berasal dari permasalahan internal PT sendiri Hal ini bukan suatu kesalahan Namun pada situasi global seperti saat ini dimana percepatan perubahan terjadi di segala sektor maka akan sulit bagi masyarakat untuk menahan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni Pada masa sebelum tahun 1999 pre milleniumera perubahan IPTEKS yang terjadi mungkin tidak sedahsyat pasca millennium Jika dipahami dengan lebih dalam berdasarkan sistem pendidikan yang telah dijelaskan di atas maka jika terjadi perubahan pada tuntutan dunia kerja sudah sewajarnyalah proses di dalam PT kita juga perlu untuk beradaptasi Alasan inilah yang seharusnya dikembangkan untuk melakukan perubahan kurikulum PT di Indonesia Perjalanan perubahan kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia pada Tahun 1994 melalui SK Mendiknas No 056 U 1995 tentang Kurikulum Nasional yang mengutamakan ketercapaian penguasaan IPTEKS oleh karenanya disebut sebagai Kurikulum Berbasis Isi Pada model kurikulum ini ditetapkan mata kuliah wajib nasional pada program studi yang ada Kemudian pada tahun 2000 atas ...

Style

MLA Style
Machali, Imam, et al. PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Visi, Misi dan Orientasi Kurikulum Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) Tahun 2016 – 2020. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2017. Online.
Chicago Style
Machali, Imam, et al. PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Visi, Misi dan Orientasi Kurikulum Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) Tahun 2016 – 2020. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2017.
Turabian Style
Machali, Imam, et al. PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Visi, Misi dan Orientasi Kurikulum Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) Tahun 2016 – 2020. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2017.
APA Style
Machali, Imam, et al. (2017). PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Visi, Misi dan Orientasi Kurikulum Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) Tahun 2016 – 2020. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Harvard Style
Machali, Imam, et al, 2017, PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Visi, Misi dan Orientasi Kurikulum Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) Tahun 2016 – 2020, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
IEEE Style
Machali, Imam, et al. PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Visi, Misi dan Orientasi Kurikulum Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) Tahun 2016 – 2020. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2017.

Detail Buku

Jumlah Halaman
155
Kategori
Sub Kategori
Tahun Terbit
ISBN
978-602-61179-0-8
eISBN

Buku Rekomendasi

Lihat Semua

Buku Terkait

Lihat Semua