Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Ed. Revisi

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Ed. Revisi

Jasa Ungguh Muliawan

Telah di baca oleh 3 pemustaka, dengan total durasi baca 00:03:40

Deskripsi Buku

Menurut sebagian ahli pendidikan penelitian tindakan kelas PTK adalah penelitian yang tidak menguji teori atau hipotesis tetapi menerapkan teknik strategi atau metode hasil penelitian yang sudah teruji pada konteks riil Penelitian tindakan kelas bertujuan memperbaiki atau memecahkan masalah pembelajaran dengan cara melakukan perubahan dan peningkatan kualitas belajar mengajar Dari sudut pandang ini bagi sebagian orang penelitian tindakan kelas tidak masuk dalam kategori penelitian eksperimen diskriptif maupun penelitian pengembangan Dalam kasus ini penulis berbeda pendapat dengan mereka PTK memang merupakan ujung tombak tindakan uji coba suatu hipotesa dalam dataran riil Artinya tidak ada lagi usaha untuk menguji hipotesa itu sendiri Hipotesa yang ada dianggap sebagai hasil akhir penelitian yang sudah teruji tinggal menerapkannya saja Tetapi itu hanya batasan kecil dari pengertian PTK yang sesungguhnya PTK dari segi bahasa maupun subtansinya tidak seperti itu PTK mempunyai cakupan metodologi penelitian yang cukup luas Ia mencakup penelitian diskriptif historis kasuistik eksperimen bahkan pengembangan Hanya saja cakupannya terbatas dalam ruang kelas Argumen pertama yang diajukan adalah jika suatu hipotesa perlakuan itu sudah dianggap final dan teruji kenapa mesti dilakukan penelitian ulang dalam bentuk PTK Bukankah tinggal menerapkannya saja Bentuk akhirnya adalah Laporan Tindakan Kelas LTK bukan Penelitian Tindakan Kelas PTK Konsep laporan dengan penelitian beda Argumen kedua Substansi penelitian tindakan kelas PTK adalah penelitian yang dilakukan dalam cakupan kecil yaitu proses belajar mengajar di kelas Batasan PTK adalah istilah kelas bukan substansi penelitiannya Substansi penelitiannya tetap meluas mencakup konsep diskriptif historis kasuistik ekperimen bahkan pengembangan Hanya saja dibatasi dalam ruang lingkup tempat yang disebut kelas Argumen ketiga Konsep penelitian tindakan dalam istilah PTK bukan berarti tinggal menerapkan teori yang ada dalam bentuk konkrit tetapi meneliti tindakan yang akan atau sudah dilakukan objek Objeknya bisa siapa saja atau apa saja bisa siswa yang bermasalah hipotesa yang diragukan kebenaranya bahkan gambaran riil apa yang akan dilakukan siswa sehubungan dengan akan diterapkannya suatu metode belajar mengajar yang baru gabungan dari metode historis diskriptif dan pengembangan Buku PTK yang Anda baca ini sangat berbeda dengan buku PTK yang beredar pada umumnya PTK edisi pertama bersifat dasar dan umum namun pada edisi revisi ini pendalaman isi materi buku dipertajam dan diperluas sampai pada dataran konkrit di lapangan Teori dasarnya sederhana namun tingkat akurasinya sangat tinggi ketika diterapkan dalam bentuk praktek Selamat membaca semoga bermanfaat Menurut sebagian ahli pendidikan penelitian tindakan kelas PTK adalah penelitian yang tidak menguji teori atau hipotesis tetapi menerapkan teknik strategi atau metode hasil penelitian yang sudah teruji pada konteks riil Penelitian tindakan kelas bertujuan memperbaiki atau memecahkan masalah pembelajaran dengan cara melakukan perubahan dan peningkatan kualitas belajar mengajar Dari sudut pandang ...

Style

MLA Style
Jasa Ungguh Muliawan. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Ed. Revisi. Yogyakarta: Gava Media, 2018. Online.
Chicago Style
Jasa Ungguh Muliawan. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Ed. Revisi. Yogyakarta: Gava Media, 2018.
Turabian Style
Jasa Ungguh Muliawan, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Ed. Revisi. Yogyakarta: Gava Media, 2018.
APA Style
Jasa Ungguh Muliawan. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Ed. Revisi. Yogyakarta: Gava Media.
Harvard Style
Jasa Ungguh Muliawan, 2018, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Ed. Revisi, Gava Media, Yogyakarta.
IEEE Style
Jasa Ungguh Muliawan. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Ed. Revisi. Yogyakarta: Gava Media, 2018.

Detail Buku

Jumlah Halaman
248
Kategori
Sub Kategori
Penerbit
Tahun Terbit
ISBN
978-602-5568-04-6
eISBN

Buku Rekomendasi

Lihat Semua

Buku Terkait

Lihat Semua