Sinopsis Buku (Cover Belakang): Buku ini merupakan panduan komprehensif tentang metodologi penelitian pendidikan, yang dirancang untuk memudahkan pembaca dalam memahami dan menerapkan berbagai metode penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan. Buku ini mencakup berbagai aspek penting dalam penelitian pendidikan, seperti pengertian penelitian pendidikan, objek penelitian, perumusan masalah, serta berbagai metode penelitian yang dapat digunakan, antara lain metode observasi, metode interaktif, metode telaah literature, metode eksperimen, metode deskriptif, dan metode filosofis. Selain itu, buku ini juga menjelaskan secara rinci langkah-langkah penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, serta keunggulan dan kelemahan masing-masing metode. Buku ini menjadi acuan yang sangat bermanfaat bagi para pendidik, mahasiswa, dan peneliti yang ingin memperdalam pemahaman mereka tentang metode penelitian pendidikan. Dengan struktur yang jelas dan penjelasan yang sistematis, buku ini memberikan wawasan yang mendalam dan praktis untuk mendukung proses penelitian pendidikan secara efektif dan efisien. Alasan: - Sinopsis disusun berdasarkan konten yang terdapat dalam bagian BAB III. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN dan bagian METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN, yang menjelaskan berbagai metode penelitian dan langkah-langkah dalam penelitian pendidikan. - Informasi tentang objek penelitian, perumusan masalah, dan pengumpulan data juga diambil dari konteks yang sama. - Buku ini ditujukan bagi para pendidik dan peneliti, yang sejalan dengan tujuan penjelasan metodologi penelitian yang disajikan. - Tidak ada informasi yang diambil dari luar konteks yang diberikan, sehingga jawaban ini benar-benar bersumber dari konten buku tersebut.
Melakukan suatu penelitian bagi sebagian orang dianggap sebagai tugas akhir yang menakutkan karena sulit dan rumit untuk dikerjakan Mulai dari pencarian dan penemuan tema atau topik yang tepat perencanaan structural isi penentuan metode teknik penelitian sampai pada tata cara penyusunan hipotesa dan penarikan kesimpulan yang semestinya dilakukan Bagi peneliti pemula mengerjakan tugas akhir penelitian seolah menjadi beban psikologis berat Gejala semacam itu sebenarnya tidak hanya dimiliki oleh peneliti pemula tetapi juga para peneliti senior Hanya saja mereka sudah terbiasa sehingga tidak banyak mengalami kesulitan Meskipun demikian melakukan suatu penelitian tetap saja butuh buku pegangan dan pedoman dasar sebagai referensi Buku yang berguna sebagai acuan pegangan kuliah akademik sekaligus pemandu structural penelitian riil di lapangan Buku yang bukan hanya menjadi acuan dan pedoman semata tetapi juga memberi inspirasi ide ide khusus serta diskripsi detail objek dan pemetaan wilayah kerja penelitian yang dilakukan Mulai dari teori konsep rumus peraturan dasar ketentuan khusus wilayah kerja sistem dan metodologi sampai pada contoh aplikasi terapan terapan yang ada di lapangan Buku ini merupakan jawaban dari semua keinginan tersebut Buku ini disusun secara sistimatis sesuai dengan tema dan objek utamanya yaitu pendidikan Sampai saat ini buku metodologi penelitian yang beredar pada umumnya memiliki objek dan wilayah kerja yang bersifat meluas sementara khusus untuk bidang pendidikan cukup jarang ditemukan
Jumlah Halaman | 260 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Gava Media |
Tahun Terbit | 2014 |
ISBN | 978-602-7869-59-2 |
eISBN |