Buku ini ditulis untuk menyuplai napas segar bagi apresiasi puisi yang tengah mati suri Di tengah jauhnya siswa dari sastra buku ini hadir untuk menuntun para guru Bahasa dan Sastra Indonesia yang belum menemukan formula yang jelas dalam melaksanakan pembelajaran apresiasi puisi Belum lagi ditambah samarnya subtema apresiasi sastra dalam pelajaran Bahasa Indonesia apresiasi hanya bagian dari omprengan yang mengangkut gulungan teks teks yang diajarkan ke siswa Bila guru tidak segera membuka matanya maka siswa hanya akan mendapat pengetahuan tentang sastra dan puisi siswa tidak punya kemampuan pengalaman bersastra Pada bab 1 guru siswa diajak berkenalan kembali dengan puisi Paparan di dalamnya sama sekali tidak dimaksudkan untuk menggurui pengetahuan guru siswa tentang puisi Pengertian ataupun pendefinisian puisi oleh para ahli sengaja ditampilkan di sini agar pembaca guru siswa dapat memilih mana yang lebih dekat dengan pemahaman dirinya Pada bab 2 diuraikan tentang apresiasi puisi antara teori dan terapan Tujuannya agar tidak terjadi jarak yang jauh antara teori apresiasi puisi dan penerapannya diungkap teorinya dan dipraktikkannya Hal ini akan mempermudah pembaca untuk menerapkannya dalam pembelajaran Bab 3 menguraikan semacam rambu rambu bagaimana pembelajaran apresiasi puisi itu dilaksanakan mulai dari alasan pentingnya pembelajaran apresiasi puisi prinsip prinsip yang harus dipedomani pendekatan dan langkah langkah yang harus dilakukan dalam pembelajaran Bab 4 sebagai penghargaan terhadap proses kreatif siswa diurailah apresiasi puisi karya siswa Hal ini dimaksudkan agar guru sastra dapat menjadikannya sebagai prototype dalam pelaksanaan pembelajaran apresiasi puisi di sekolahnya Terakhir bab 5 adalah puisi puisi hasil sortiran penulis agar bisa menjadi pilihan guru untuk diapresiasi Dengan beberapa dasar pertimbangan puisi ini diambil yang menurut penulis sesuai dengan tingkat perkembangan psikologi siswa Dikelompokkannya puisi tersebut berdasarkan tema sehingga memudahkan pembaca untuk memilihnya Buku ini ditulis untuk menyuplai napas segar bagi apresiasi puisi yang tengah mati suri Di tengah jauhnya siswa dari sastra buku ini hadir untuk menuntun para guru Bahasa dan Sastra Indonesia yang belum menemukan formula yang jelas dalam melaksanakan pembelajaran apresiasi puisi Belum lagi ditambah samarnya subtema apresiasi sastra dalam pelajaran ...Bahasa Indonesia apresiasi hanya bagian dari omprengan yang mengangkut gulungan teks teks yang diajarkan ke siswa Bila guru tidak segera membuka matanya maka siswa hanya akan mendapat pengetahuan tentang sastra dan puisi siswa tidak punya kemampuan pengalaman bersastra Pada bab 1 guru siswa diajak berkenalan kembali dengan puisi Paparan di dalamnya sama sekali tidak dimaksudkan untuk menggurui pengetahuan guru siswa tentang puisi Pengertian ataupun pendefinisian puisi oleh para ahli sengaja ditampilkan di sini agar pembaca guru siswa dapat memilih mana yang lebih dekat dengan pemahaman dirinya Pada bab 2 diuraikan tentang apresiasi puisi antara teori dan terapan Tujuannya agar tidak terjadi jarak yang jauh antara teori apresiasi puisi dan penerapannya diungkap teorinya dan dipraktikkannya Hal ini akan mempermudah pembaca untuk menerapkannya dalam pembelajaran Bab 3 menguraikan semacam rambu rambu bagaimana pembelajaran apresiasi puisi itu dilaksanakan mulai dari alasan pentingnya pembelajaran apresiasi puisi prinsip prinsip yang harus dipedomani pendekatan dan langkah langkah yang harus dilakukan dalam pembelajaran Bab 4 sebagai penghargaan terhadap proses kreatif siswa diurailah apresiasi puisi karya siswa Hal ini dimaksudkan agar guru sastra dapat menjadikannya sebagai prototype dalam pelaksanaan pembelajaran apresiasi puisi di sekolahnya Terakhir bab 5 adalah puisi puisi hasil sortiran penulis agar bisa menjadi pilihan guru untuk diapresiasi Dengan beberapa dasar pertimbangan puisi ini diambil yang menurut penulis sesuai dengan tingkat perkembangan psikologi siswa Dikelompokkannya puisi tersebut berdasarkan tema sehingga memudahkan pembaca untuk memilihnya