Karakteristik dan perkembangan psikologi yang khas membuat proses belajar dan mengajar bagi anak usia dini menjadi khusus Kekhususan tersebut tak hanya terletak dalam ragam aktivitas yang digunakan sebagai media menyampaikan pelajaran seperti bermain bernyanyi menggunting dan menyusun balok tetapi juga dalam metode asesmen dan penelitian Dalam kaitan khusus tersebutlah buku ini berbicara lugas tentang metodologi penelitian bagi anak usia dini dalam tiga bagian bagian awal buku ini menyajikan pengantar penelitian pendidikan secara umum di bagian kedua pengantar penelitian kelas dan langkah demi langkah penyusunan proposal penelitian Dan bagian ketiga sebagai penutup aplikasi penelitian tindakan kelas dan bagaimana menyusun laporan hasil penelitian Karakteristik dan perkembangan psikologi yang khas membuat proses belajar dan mengajar bagi anak usia dini menjadi khusus Kekhususan tersebut tak hanya terletak dalam ragam aktivitas yang digunakan sebagai media menyampaikan pelajaran seperti bermain bernyanyi menggunting dan menyusun balok tetapi juga dalam metode asesmen dan penelitian Dalam kaitan khusus tersebutlah buku ini ...berbicara lugas tentang metodologi penelitian bagi anak usia dini dalam tiga bagian bagian awal buku ini menyajikan pengantar penelitian pendidikan secara umum di bagian kedua pengantar penelitian kelas dan langkah demi langkah penyusunan proposal penelitian Dan bagian ketiga sebagai penutup aplikasi penelitian tindakan kelas dan bagaimana menyusun laporan hasil penelitian