Sinopsis Buku: Buku ini membahas permasalahan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam konteks kualitas guru sebagai penentu kemajuan suatu bangsa. Penulis menjelaskan bahwa guru merupakan ujung tombak dalam peningkatan kualitas pendidikan dan bahwa kualitas pendidikan secara langsung berkaitan dengan kualitas guru. Dalam buku ini, dibahas berbagai tantangan yang dihadapi guru, baik dari faktor internal maupun eksternal, seperti kurikulum yang sering berubah, rendahnya minat siswa untuk melanjutkan studi, dan paradigma yang menganggap menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sebagai bentuk kesuksesan. Penulis juga mengkritik arah pendidikan yang belum sejalan dengan realitas lapangan, sehingga banyak lulusan yang tidak mampu menciptakan lapangan kerja, termasuk banyak sarjana yang justru menganggur. Buku ini juga menyajikan studi banding dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, serta menyoroti peringkat pendidikan Indonesia yang rendah di tingkat global. Di akhir buku, penulis berharap agar buku ini dapat menjadi inspirasi bagi guru dan masyarakat Indonesia dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memperbaiki kondisi pendidikan nasional.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas permasalahan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam konteks kualitas guru sebagai penentu kemajuan suatu bangsa. Penulis menjelaskan bahwa guru merupakan ujung tombak dalam peningkatan kualitas pendidikan dan bahwa kualitas pendidikan secara langsung berkaitan dengan kualitas guru. Dalam buku ini, dibahas berbagai tantangan yang dihadapi guru, baik dari faktor internal maupun eksternal, seperti kurikulum yang sering berubah, rendahnya minat siswa untuk melanjutkan studi, dan paradigma yang menganggap menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sebagai bentuk kesuksesan. Penulis juga mengkritik arah pendidikan yang belum sejalan dengan realitas lapangan, sehingga banyak lulusan yang tidak mampu menciptakan lapangan kerja, termasuk banyak sarjana yang justru menganggur. Buku ini juga menyajikan studi banding dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, serta menyoroti peringkat pendidikan Indonesia yang rendah di tingkat global. Di akhir buku, penulis berharap agar buku ini dapat menjadi inspirasi bagi guru dan masyarakat Indonesia dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memperbaiki kondisi pendidikan nasional.
Jumlah Halaman | 64 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-482-972-8 |
eISBN |