Pembelajaran berbasis kemandirian di sekolah dasar dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan metakognitif dan pengaturan diri yang esensial untuk kesuksesan belajar jangka panjang Pendekatan kurikulum yang terintegrasi dengan baik diharapkan mampu membangun kemandirian siswa di sekolah dasar untuk mengembangkan kompetensi intelektual emosional dan sosial siswa secara seimbang Dengan demikian siswa akan memiliki landasan yang kokoh dalam menghadapi tantangan di masa depan Mengembangkan kemandirian siswa tidak hanya bermanfaat untuk saat ini karena para siswa sekolah dasar adalah calon pemimpin di masa depan yang harus mampu mengembangkan kemandirian tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk mampu menjaga dan membangun negara Indonesia bisa menjadi bangsa yang mandiri memenuhi semua kebutuhan negaranya secara mandiri melalui sumber daya manusia yang berkualitas Pendidikan menjadi sarana utama menuju terwujudnya bangsa Indonesia yang mandiri berbudaya cerdas dan mampu bersaing dalam kancah pergaulan dunia internasional Buku ini membahas model perancangan kurikulum untuk membangun kemandirian siswa sekolah dasar Pembelajaran berbasis kemandirian di sekolah dasar dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan metakognitif dan pengaturan diri yang esensial untuk kesuksesan belajar jangka panjang Pendekatan kurikulum yang terintegrasi dengan baik diharapkan mampu membangun kemandirian siswa di sekolah dasar untuk mengembangkan kompetensi intelektual emosional dan sosial siswa secara seimbang Dengan demikian siswa akan memiliki ...landasan yang kokoh dalam menghadapi tantangan di masa depan Mengembangkan kemandirian siswa tidak hanya bermanfaat untuk saat ini karena para siswa sekolah dasar adalah calon pemimpin di masa depan yang harus mampu mengembangkan kemandirian tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk mampu menjaga dan membangun negara Indonesia bisa menjadi bangsa yang mandiri memenuhi semua kebutuhan negaranya secara mandiri melalui sumber daya manusia yang berkualitas Pendidikan menjadi sarana utama menuju terwujudnya bangsa Indonesia yang mandiri berbudaya cerdas dan mampu bersaing dalam kancah pergaulan dunia internasional Buku ini membahas model perancangan kurikulum untuk membangun kemandirian siswa sekolah dasar