Bab I PENDAHULUAN Kajian atas Islam dengan begitu saja mengabaikan al Quran merupakan suatu langkah yang tidak akan menemukan validitasnya secara memadai 1 Sebab dalam keimanan Islam al Quran dipandang sebagai petunjuk bagi umat manusia 2 yang dengan nyata menempati posisi penting dalam pemikiran dan peradaban umat Islam Namun posisinya yang strategis itu tidak berarti lalu alQuranlah satu satunya faktor yang menentukan dalam peradaban umat manusia Sebab teks apapun tak terkecuali teks al Quran 3 tidak dapat membangun dan menegakkan peradaban secara sendirian Yang membangun dan menegakkan peradaban manusia sesungguhnya adalah proses dialektika manusia dengan realitas di satu pihak dan dengan teks al Quran di pihak lain 4 1 Murtadha Muthahhari Memahami al Quran terj Tim Staf YBT Jakarta Yayasan Bina Tauhid 1986 hlm 9 2 QS al Baqarah 2 185 3 Lihat Nashr Hmid Ab Zayd Mafhm al Nashsh Dirsah f Ulm al Qurn Beirt al Markaz al Tsaqaf al Arab 1994 hlm 9 4 Al Quran sendiri teks teksnya tidak lepas dari sejarah dan peradaban dengan berbagai peristiwanya Percaya pada relevansi abadi al Quran tidaklah sama dengan percaya pada teks yang tak terbatas ruang dan waktu Ini perlu dicatat karena al Quran seperti kata Cragg tak mungkin menjadi wahyu jika tidak pula terkait dengan berbagai peristiwa Kenneth Cragg The Event of the Quran Islam and Its Scripture London George Allen and Unwin 1971 hlm 17 1Bab I PENDAHULUAN Kajian atas Islam dengan begitu saja mengabaikan al Quran merupakan suatu langkah yang tidak akan menemukan validitasnya secara memadai 1 Sebab dalam keimanan Islam al Quran dipandang sebagai petunjuk bagi umat manusia 2 yang dengan nyata menempati posisi penting dalam pemikiran dan peradaban umat Islam Namun posisinya yang ...strategis itu tidak berarti lalu alQuranlah satu satunya faktor yang menentukan dalam peradaban umat manusia Sebab teks apapun tak terkecuali teks al Quran 3 tidak dapat membangun dan menegakkan peradaban secara sendirian Yang membangun dan menegakkan peradaban manusia sesungguhnya adalah proses dialektika manusia dengan realitas di satu pihak dan dengan teks al Quran di pihak lain 4 1 Murtadha Muthahhari Memahami al Quran terj Tim Staf YBT Jakarta Yayasan Bina Tauhid 1986 hlm 9 2 QS al Baqarah 2 185 3 Lihat Nashr Hmid Ab Zayd Mafhm al Nashsh Dirsah f Ulm al Qurn Beirt al Markaz al Tsaqaf al Arab 1994 hlm 9 4 Al Quran sendiri teks teksnya tidak lepas dari sejarah dan peradaban dengan berbagai peristiwanya Percaya pada relevansi abadi al Quran tidaklah sama dengan percaya pada teks yang tak terbatas ruang dan waktu Ini perlu dicatat karena al Quran seperti kata Cragg tak mungkin menjadi wahyu jika tidak pula terkait dengan berbagai peristiwa Kenneth Cragg The Event of the Quran Islam and Its Scripture London George Allen and Unwin 1971 hlm 17 1