Guru seringkali digugu dan ditiru begitulah pepatah klasik menyebutnya Jikalau ada anak yang pandai pastilah yang ditanyai siap orang tuanya tapi sebaliknya kalau ada anak didik yang malas kurang cerdas dll yang ditanya siapakah gurunya paradigma ini seakan melekat seraya menisbatkan bahwa tanggunga jawab seorang guru tidaklah mudah Semua pihak tentulah setuju dengan istilah profesionalisme guru Tidak hanya secara keilmuan melainkan juga secara finansial walaupun isilah guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa sudah mengalami sedikit distorsi dan redifinisi di tengah kebijakan yang cenderung lesu Guru yang profesional diharapkan mampu mendongkrak kualitas pendidikan di tanah air yang selama ini tergolong relatif rendah Meskipun beberapa individu telah mencapai prestasi yang gemilang di beberapa forum olimpiade Namun keinginan dan harapan ini akan menjadi isapan jempol belaka apabila para stakeholders hanya berharap dan berharap tanpa berbuat sesutu yagn lebih baik Buku ini membedah seputar realitas dan sisi sisi lain kebijakan profesionalisme guru dari sisi optik hukum implementasi dan rekonsepsi Sehingga cocok bagi para akademisi praktisi politisi pemangku kebijakan serta birokrasi terlebih aktivis mahasiswa dan insan cendekia yang peduli akan pendidikan di negeri ini Guru seringkali digugu dan ditiru begitulah pepatah klasik menyebutnya Jikalau ada anak yang pandai pastilah yang ditanyai siap orang tuanya tapi sebaliknya kalau ada anak didik yang malas kurang cerdas dll yang ditanya siapakah gurunya paradigma ini seakan melekat seraya menisbatkan bahwa tanggunga jawab seorang guru tidaklah mudah Semua pihak tentulah ...setuju dengan istilah profesionalisme guru Tidak hanya secara keilmuan melainkan juga secara finansial walaupun isilah guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa sudah mengalami sedikit distorsi dan redifinisi di tengah kebijakan yang cenderung lesu Guru yang profesional diharapkan mampu mendongkrak kualitas pendidikan di tanah air yang selama ini tergolong relatif rendah Meskipun beberapa individu telah mencapai prestasi yang gemilang di beberapa forum olimpiade Namun keinginan dan harapan ini akan menjadi isapan jempol belaka apabila para stakeholders hanya berharap dan berharap tanpa berbuat sesutu yagn lebih baik Buku ini membedah seputar realitas dan sisi sisi lain kebijakan profesionalisme guru dari sisi optik hukum implementasi dan rekonsepsi Sehingga cocok bagi para akademisi praktisi politisi pemangku kebijakan serta birokrasi terlebih aktivis mahasiswa dan insan cendekia yang peduli akan pendidikan di negeri ini