Salah satu tugas pokok sekolah Sekolah Luar Biasa adalah membantu siswa untuk mencapai perkembangan yang optimal sesuai dengan tingkat dan jenis Anak Berkebutuhan Khusus Seorang siswa dikatakan berhasil mencapai perkembangan yang optimal apabila ia dapat menggunakan sisa kemampuannya secara optimal sesuai dengan derajat ketunaannya Namun kenyataan menunjukkan masih banyak kesenjangan dalam mengantarkan anak untuk mencapai perkembangan tersebut Kesenjangan tersebut antara lain masih banyaknya Anak Berkebutuhan Khusus yang belum mampu melakukan aktivitas sehari hari padahal waktu di sekolah ia mampu kemandirian anak tunanetra yang kurang karena dalam dirinya masih ada rasa khawatir prestasi anak yang belum sesuai dengan potensinya bakat anak yang belum mendapatkan tempat yang sesuai berkembang secara optimal Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus merupakan salah satu kajian kolaboratif yang menarik saat ini Dengan hadirnya beragam intervensi bagi Anak Berkebutuhan Khusus substansi dari bimbingan konseling sangat membantu bagi para guru di sekolah khusus SLB dan sekolah inklusif bahkan sekolah reguler Hal ini tentunya menjadi tuntutan bagi para mahasiswa calon guru untuk dapat menguasai kajian ini Mahasiswa pada program studi kependidikan seperti Bimbingan Konseling Pendidikan Khusus PAUD dan PGSD sangat membutuhkan buku ini sebagai referensi utama dan tambahan Demikian juga para praktisi dan orang tua buku ini tentunya akan sangat membantu untuk memberi pencerahan yang inovatif Salah satu tugas pokok sekolah Sekolah Luar Biasa adalah membantu siswa untuk mencapai perkembangan yang optimal sesuai dengan tingkat dan jenis Anak Berkebutuhan Khusus Seorang siswa dikatakan berhasil mencapai perkembangan yang optimal apabila ia dapat menggunakan sisa kemampuannya secara optimal sesuai dengan derajat ketunaannya Namun kenyataan menunjukkan masih banyak kesenjangan dalam ...mengantarkan anak untuk mencapai perkembangan tersebut Kesenjangan tersebut antara lain masih banyaknya Anak Berkebutuhan Khusus yang belum mampu melakukan aktivitas sehari hari padahal waktu di sekolah ia mampu kemandirian anak tunanetra yang kurang karena dalam dirinya masih ada rasa khawatir prestasi anak yang belum sesuai dengan potensinya bakat anak yang belum mendapatkan tempat yang sesuai berkembang secara optimal Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus merupakan salah satu kajian kolaboratif yang menarik saat ini Dengan hadirnya beragam intervensi bagi Anak Berkebutuhan Khusus substansi dari bimbingan konseling sangat membantu bagi para guru di sekolah khusus SLB dan sekolah inklusif bahkan sekolah reguler Hal ini tentunya menjadi tuntutan bagi para mahasiswa calon guru untuk dapat menguasai kajian ini Mahasiswa pada program studi kependidikan seperti Bimbingan Konseling Pendidikan Khusus PAUD dan PGSD sangat membutuhkan buku ini sebagai referensi utama dan tambahan Demikian juga para praktisi dan orang tua buku ini tentunya akan sangat membantu untuk memberi pencerahan yang inovatif