15 Bab 15 Berbagi Data Elektronik di Lembaga Sektor Publik Irvin B Vann 15 1 PENDAHULUAN Semua tingkat pemerintah di Amerika Serikat mengumpulkan menyimpan menganalisis dan menyebarkan sejumlah besar data dalam bentuk kertas maupun elektronik Setiap tingkat dan lembaga pemerintah mengumpulkan datanya sendiri begitu banyak sehingga mengumpulkan informasi yang berlebihan telah menjadi identik dengan istilah seperti birokrasi Warga negara dan pelaku usaha sektor swasta sering mengeluhkan jumlah kumpulan data yang berlebihan Keluhan tentang pengumpulan yang berlebihan telah mendorong banyak upaya untuk mengumpulkan dan menggunakan data secara lebih efisien Pada akhir 1970 an dan awal 1980 an pemerintah federal mulai mempelajari dampak pengumpulan penyimpanan dan pengolahan data menjadi informasi Pada tahun 1980 aan dan 1990 an pemerintah kabupaten kota negara bagian dan federal memperoleh sejumlah besar peralatan teknologi informasi TI Peralatan TI sektor publik dibeli dengan tujuan untuk membuat proses kertas menjadi lebih efisien dan menghasilkan penghematan anggaran Caudle 1990 mencatat bahwa tahun 1980 an adalah dekade pengadaan TI dan tahun 1990 an dianggap dekade pengelolaan informasi Pada tahun 1980 Kongres mengesahkan Undang Undang Pengurangan Dokumen Kertas dengan harapan mengurangi beban dokumen kertas Mengurangi beban dokumen kertas dan mengukur hasilnya mensyaratkan informasi diperlakukan sebagai sumber daya yang dapat diukur dan dapat dikelola Undang Undang Pengurangan Dokumen Tahun1980 1981 Salah satu teknik yang paling sering diajukan untuk mengelola informasi secara efisien adalah berbagi data sehingga data tidak perlu dikumpulkan dua kali Pada 1990 an sektor publik mengikuti sektor swasta dengan meningkatkan ketergantungannya pada TI untuk melaksanakan urusannya Selain itu teknologi15 Bab 15 Berbagi Data Elektronik di Lembaga Sektor Publik Irvin B Vann 15 1 PENDAHULUAN Semua tingkat pemerintah di Amerika Serikat mengumpulkan menyimpan menganalisis dan menyebarkan sejumlah besar data dalam bentuk kertas maupun elektronik Setiap tingkat dan lembaga pemerintah mengumpulkan datanya sendiri begitu banyak sehingga mengumpulkan informasi yang berlebihan telah ...menjadi identik dengan istilah seperti birokrasi Warga negara dan pelaku usaha sektor swasta sering mengeluhkan jumlah kumpulan data yang berlebihan Keluhan tentang pengumpulan yang berlebihan telah mendorong banyak upaya untuk mengumpulkan dan menggunakan data secara lebih efisien Pada akhir 1970 an dan awal 1980 an pemerintah federal mulai mempelajari dampak pengumpulan penyimpanan dan pengolahan data menjadi informasi Pada tahun 1980 aan dan 1990 an pemerintah kabupaten kota negara bagian dan federal memperoleh sejumlah besar peralatan teknologi informasi TI Peralatan TI sektor publik dibeli dengan tujuan untuk membuat proses kertas menjadi lebih efisien dan menghasilkan penghematan anggaran Caudle 1990 mencatat bahwa tahun 1980 an adalah dekade pengadaan TI dan tahun 1990 an dianggap dekade pengelolaan informasi Pada tahun 1980 Kongres mengesahkan Undang Undang Pengurangan Dokumen Kertas dengan harapan mengurangi beban dokumen kertas Mengurangi beban dokumen kertas dan mengukur hasilnya mensyaratkan informasi diperlakukan sebagai sumber daya yang dapat diukur dan dapat dikelola Undang Undang Pengurangan Dokumen Tahun1980 1981 Salah satu teknik yang paling sering diajukan untuk mengelola informasi secara efisien adalah berbagi data sehingga data tidak perlu dikumpulkan dua kali Pada 1990 an sektor publik mengikuti sektor swasta dengan meningkatkan ketergantungannya pada TI untuk melaksanakan urusannya Selain itu teknologi